Pengaruh Literasi Dan Pendidikan Karakter Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Kelas V Di Kecamatan Purwareja Klampok Banjarnegara
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v11i1.4281Abstract
Penilitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pengaruh literasi terhadap kemampuan berpikir kritis, 2) Mengetahui pengaruh pendidikan karakter terhadap kemampuan berpikir kritis, dan 3) Mengetahui pengaruh literasi dan pendidikan karakter terhadap kemampuan berpikir kritis secara simulatan. Penelitian ini menggunakan jenis Quasi-Experimental Research atau penelitian eksperimen semu. Sumber informasi dalam penelitian ini berasal dari data primer yaitu hasil tes dan data sekunder yaitu hasil observasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Klampok dan SDN 5 Klampok Kecamatan Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara. Instrument dalam penelitian ini terdiri dari lembar observasi dan lembar tes. Penelitian ini menggunakan prosedur pengumpulan data kuantitatif. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial menggunakan uji-t dan uji-F. Hasil penelitian ini yaitu, 1) Adanya pengaruh literasi terhadap kemampuan berpikir kritis, 2) adanya pengaruh pendidikan karakter terhadap kemampuan berpikir kritis, dan 3) adanya pengaruh literasi dan kemampuan berpikir kritis secara simultan terhadap kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas V. Hasil uji-t dan uji F dengan taraf signifikamsi 0.05 membuktikan adanya pengaruh secara parsial baik literasi maupun berpikir kritis terhadap kemampuan berpikir kritis dan adanya pengaruh pula secara simulatan penerapan literasi dan pendidikan karakter terhadap kemampuan berpikir kritis (sig.<0,05)
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Dewi Yeni Susilowati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es