Pengaruh Literasi Dan Pendidikan Karakter Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Kelas V Di Kecamatan Purwareja Klampok Banjarnegara

Authors

  • Dewi Yeni Susilowati Universitas Terbuka, Indonesia
  • Kamson Universitas Perwira Purbalingga, Indonesia
  • Nurhasanah Universitas Terbuka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v11i1.4281

Abstract

Penilitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pengaruh literasi terhadap kemampuan berpikir kritis, 2) Mengetahui pengaruh pendidikan karakter terhadap kemampuan berpikir kritis, dan 3) Mengetahui pengaruh literasi dan pendidikan karakter terhadap kemampuan berpikir kritis secara simulatan. Penelitian ini menggunakan jenis Quasi-Experimental Research atau penelitian eksperimen semu. Sumber informasi dalam penelitian ini berasal dari data primer yaitu hasil tes dan data sekunder yaitu hasil observasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Klampok dan SDN 5 Klampok Kecamatan Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara. Instrument dalam penelitian ini terdiri dari lembar observasi dan lembar tes. Penelitian ini menggunakan prosedur pengumpulan data kuantitatif. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial menggunakan uji-t dan uji-F. Hasil penelitian ini yaitu, 1) Adanya pengaruh literasi terhadap kemampuan berpikir kritis, 2) adanya pengaruh pendidikan karakter terhadap kemampuan berpikir kritis, dan 3) adanya pengaruh literasi dan kemampuan berpikir kritis secara simultan terhadap kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas V. Hasil uji-t dan uji F dengan taraf signifikamsi 0.05 membuktikan adanya pengaruh secara parsial baik literasi maupun berpikir kritis terhadap kemampuan berpikir kritis dan adanya pengaruh pula secara simulatan penerapan literasi dan pendidikan karakter terhadap kemampuan berpikir kritis (sig.<0,05)

Published

2024-01-31

Citation Check