Analisis Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Diukur Menggunakan Keterampilan Proses Sains
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v11i1.4275Abstract
Telah dilakukan penelitian mengenai analisis pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPA yang diukur menggunakan keterampilan proses sains di Kelas 5 SDN Inpres Pandayora. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPA di kelas 5 SDN Inpres Pandayora yang diukur menggunakan keterampilan proses sains. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitaif. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 SDN Inpres Pandayora yang berjumlah 26 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah berupa lembar observasi dan lembar wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis pemahaman konsep siswa kelas 5 terhadap pokok bahasan sifat dan wujud benda yang diukur menggunakan keterampilan proses sains menunjukkan jumlah paling banyak 100% tingkat pemahaman pada kategori paham ada pada keterampilan proses sains mengklasifikasikan, memprediksi, dan mengkomunikasikan. Sedangkan jumlah paling banyak 42,3% tingkat pemahaman pada kategori miskonsepsi ada pada keterampilan proses sains observasi dan keterampilan menginferensi dan untuk tingkat pemahaman pada kategori tidak paham ada pada keterampilan memprediksi dengan persentasi 23,1%
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Azizah Thalib, Sarintan N Kaharu, Sri Wahyuni, Iis Agustin Mandjoro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es