Analisis Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Diukur Menggunakan Keterampilan Proses Sains

Authors

  • Azizah Thalib Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Tadulako, Indonesia
  • Sarintan N Kaharu Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Tadulako, Indonesia
  • Sri Wahyuni Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Tadulako, Indonesia
  • Iis Agustin Mandjoro Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Tadulako, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v11i1.4275

Abstract

Telah dilakukan penelitian mengenai analisis pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPA yang diukur menggunakan keterampilan proses sains di Kelas 5 SDN Inpres Pandayora. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPA di kelas 5 SDN Inpres Pandayora yang diukur menggunakan keterampilan proses sains. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitaif. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 SDN Inpres Pandayora yang berjumlah 26 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah berupa lembar observasi dan lembar wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis pemahaman konsep siswa kelas 5 terhadap pokok bahasan sifat dan wujud benda yang diukur menggunakan keterampilan proses sains menunjukkan jumlah paling banyak 100% tingkat pemahaman pada kategori paham ada pada keterampilan proses sains mengklasifikasikan, memprediksi, dan mengkomunikasikan. Sedangkan jumlah paling banyak 42,3% tingkat pemahaman pada kategori miskonsepsi ada pada keterampilan proses sains observasi dan keterampilan menginferensi dan untuk tingkat pemahaman pada kategori tidak paham ada pada keterampilan memprediksi dengan persentasi 23,1%

Published

2024-01-31

Citation Check