Peningkatan Hasil Belajar PPKn Model NHT Dengan Media Lapbook Di SD Muhammadiyah Trayu
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v11i1.4273Abstract
Di tingkat Sekolah Dasar (SD), peningkatan hasil belajar dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) merupakan komponen penting dalam pembentukan karakter dan pemahaman nilai-nilai kebangsaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PPKn dengan menggunakan model numbered Head Together (NHT) dan media lapbook di SD Muhammadiyah Trayu. Siswa di kelas empat SD Muhammadiyah Trayu terlibat dalam penelitian ini, yang menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Model pembelajaran NHT digunakan sebagai strategi untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang materi, dan lapbook digunakan sebagai alat untuk visualisasi tugas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan media lapbook bersama dengan model NHT dapat meningkatkan hasil belajar PPKn di SD Muhammadiyah Trayu. Siswa menunjukkan peningkatan partisipasi dan pemahaman materi, serta peningkatan hasil belajar (kognitif, afektif, dan psikomotor). Siswa juga lebih termotivasi untuk belajar karena suasana kelas yang interaktif dan kolaboratif dengan lapbook.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran NHT dengan media lapbook dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar PPKn di tingkat SD. Kesimpulan dari penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi bagi guru dan pihak yang terlibat dalam pendidikan untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan karakter di tingkat dasar..
Kata Kunci: NHT, Lapbook dan hasil belajar PPKn
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Deny Kusumaningsih, Selly Rahmawati, Ari Nurweni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es