Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Di Kelas IV SD Inpres 1 Tanamodindi
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v11i1.4270Abstract
Berpikir kritis merupakan kemampuan yang sangat penting. Namun, kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA seperti menalar, menganalisa dan memecahkan masalah tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV SD Inpres 1 Tanamodindi. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi-experimental dengan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas IV SD Inpres 1 Tanamodindi Kecamatan Mantikulore, yang berjumlah 50 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 42 siswa yaitu 21 siswa dari kelas eksperimen dan 21 siswa dari kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Analisis data yang dilakukan terdiri atas uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan berbantuan program IBM SPSS Statistics 25. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji paired sample T test pada taraf nyata 5% (0,05) diperoleh nilai signifikan 0,000. Karena nilai signifikan T-test < 0,05 (0,000 < 0,05) maka Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga dapat di-simpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV SD Inpres 1 Tanamodindi.
Kata Kunci: model pembelajaran, discovery learning, berpikir kritis.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Wina Ravina, Zulnuraini Zulnuraini, Azizah, Sinta Satria Dewi Pendit
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es