Implementasi Circular Economy School (CES) Dalam Kurikulum Merdeka Belajar
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v11i1.4257Abstract
Indonesia saat ini sedang mengalami darurat sampah. Data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tahun 2022 menyebutkan bahwa jumlah timbunan sampah nasional mencapai angka 21.1 juta ton. Dari total produksi sampah nasional tersebut, 65.71% (13.9 juta ton) dapat terkelola, sedangkan sisanya 34,29% (7,2 juta ton) belum terkelola dengan baik. Persoalan ini harus segera diatasi dengan melibatkan semua pihak—termasuk institusi pendidikan. Sekolah menjadi tempat kedua selain keluarga, yang bertanggung jawab melakukan edukasi tentang tata kelola sampah yang berkelanjutan. Gagasan ekonomi sirkular berbasis sekolah (Circular Economy School – CES) menjadi salah satu pilihan materi yang relevan untuk diedukasi kepada para peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memotret peluang dan tantangan implementasi CES di sekolah serta skenario penerapan dalam pembelajaran kurikulum merdeka belajar. Secara umum, penelitian ini menegaskan bahwa konsep CES sangat potensial diterapkan di lingkungan sekolah dengan mensyaratkan kreativitas dan inovasi dari para guru dalam mendistribusikan pengetahuan terkait ekonomi sirkular.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Diani Tri Ambarwati, Brigita Pundi Novena, Anggita Dewi Pramesthi, Nafida Rahmah Ardin, Agung Prihartanto, Vico Prasetya Putra, Maria Melani Ika Susanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es