Telaah Asesmen Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran Pada Salah Satu Sekolah Dasar Di Kabupaten Sleman
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v11i1.4255Abstract
Asesmen merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran. Asesmen digunakan untuk dapat memberikan gambaran atas tercapainya proses pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik. Selain itu, asesmen juga dilakukan untuk memberikan pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melakukan sebuah telaah asesmen yang telah dirancang oleh pendidik di salah satu SD di Sleman untuk melihat ketepatan dalam penyusunan asesmen dengan prinsip asesmen. Deskriptif Kualitatif merupakan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil telaah asesmen yang telah dilakukan, hasil penelitian menunjukan bahwa pendidik telah menyusun asesmen sesuai dengan prinsip asesmen. Prinsip asesmen yang sudah ditekankan dalam rancangan asesmen yang dibuat yaitu 1) asesmen bersifat terpadu. (2) asesmen selaras dengan tujuan pembelajaran. (3) asesmen yang adil, proporsional, valid, dan (reliable) sehingga dapat memberikan deskripsi untuk mengukur keberhasilan dalam belajar dan sebagai dasar dalam menyusun pembelajaran selanjutnya. (4) informatif. (5) reflektif. Dengan demikian, pendidik telah mampu memberikan pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik dan mampu mengukur ketercapaian serta keberhasilan kegiatan pembelajaran .
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Yosia Pamardi, Fransiska Tyas Virya Prasanti, Sahnas Amalia Rosita, Muhammad Taufik Hidayat, I Putu Purwate, Nauryza Dwi Riestanti, Maria Melani Ika Susanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es