Telaah Asesmen Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran Pada Salah Satu Sekolah Dasar Di Kabupaten Sleman

Authors

  • Yosia Pamardi Universitas Sanata Dharma, Indonesia
  • Fransiska Tyas Virya Prasanti Universitas Sanata Dharma, Indonesia
  • Sahnas Amalia Rosita Universitas Sanata Dharma, Indonesia
  • Muhammad Taufik Hidayat Universitas Sanata Dharma, Indonesia
  • I Putu Purwate Universitas Sanata Dharma, Indonesia
  • Nauryza Dwi Riestanti Universitas Sanata Dharma, Indonesia
  • Maria Melani Ika Susanti Universitas Sanata Dharma, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v11i1.4255

Abstract

Asesmen merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran. Asesmen digunakan untuk dapat memberikan gambaran  atas tercapainya proses pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik. Selain itu, asesmen juga dilakukan untuk memberikan pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik. Penelitian ini dilakukan  dengan tujuan untuk melakukan sebuah telaah asesmen yang telah dirancang oleh pendidik di salah satu SD di Sleman untuk melihat ketepatan dalam penyusunan asesmen dengan prinsip asesmen. Deskriptif Kualitatif merupakan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil telaah asesmen yang telah dilakukan, hasil penelitian menunjukan bahwa  pendidik telah menyusun asesmen sesuai dengan prinsip asesmen. Prinsip asesmen yang sudah ditekankan dalam rancangan asesmen yang dibuat yaitu 1) asesmen bersifat terpadu. (2) asesmen selaras dengan tujuan pembelajaran. (3) asesmen yang  adil, proporsional, valid, dan (reliable) sehingga dapat memberikan deskripsi untuk mengukur keberhasilan dalam belajar dan sebagai dasar dalam menyusun pembelajaran selanjutnya. (4) informatif. (5) reflektif. Dengan demikian, pendidik telah mampu memberikan pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik dan mampu mengukur ketercapaian serta keberhasilan kegiatan pembelajaran .

Published

2024-01-11

Citation Check