Analisis Kemampuan Berhitung Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Metode Belajar Gasing Di SD N Ploso
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v11i1.4253Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berhitung perkalian pada mata pelajaran matematika. Matematika dianggap sebagai mata pelajaran yang dirasa sulit oleh sebagian besar siswa, melalui metode dan rumus yang perlu dipahami oleh siswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis kemampuan berhitung pada mata pelajaran matematika dan pengaruh metode gasing pada hasil belajar siswa. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah adalah penelitian kuantitatif dengan jenis Pre-Experimental Design dan jenis desain One-Group Pretest-Posttes Design. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Ploso. Jumlah sampel yang diambil adalah 6 orang. Berdasarkan hasil pretest dan posttest yang sudah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa dalam berhitung perkalian yang dimana pada pretest terdapat siswa yang mendapatkan nilai terendah 40 dan pada posttest nilai siswa terendah adalah 60. Peningkatan hasil belajar siswa dari hasil penelitian ini mengalami kenaikan, yang awal pretest rata-rata sebesar 76,67 naik menjadi 88,33. Oleh karena itu dengan menggunakan metode ini dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap kemampuan berhitung siswa.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Aditya Dwi Prananda Prananda, Khoirun Nisa, Putri Handayani, , Rizal Fadly Ardiansyah, Valent Milenio Boas Santosa, Viraesti Damayati, Maria Melani Ika Susanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es