Analisis Kemampuan Berhitung Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Metode Belajar Gasing Di SD N Ploso

Authors

  • Aditya Dwi Prananda Prananda Universitas Sanata Dharma, Indonesia
  • Khoirun Nisa Universitas Sanata Dharma, Indonesia
  • Putri Handayani, Universitas Sanata Dharma, Indonesia
  • Rizal Fadly Ardiansyah Universitas Sanata Dharma, Indonesia
  • Valent Milenio Boas Santosa Universitas Sanata Dharma, Indonesia
  • Viraesti Damayati Universitas Sanata Dharma, Indonesia
  • Maria Melani Ika Susanti Universitas Sanata Dharma, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v11i1.4253

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berhitung perkalian pada mata pelajaran matematika. Matematika dianggap sebagai mata pelajaran yang dirasa sulit oleh sebagian besar siswa, melalui metode dan rumus yang perlu dipahami oleh siswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis kemampuan berhitung pada mata pelajaran matematika dan pengaruh metode gasing pada hasil belajar siswa. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah adalah penelitian kuantitatif dengan jenis Pre-Experimental Design dan jenis desain One-Group Pretest-Posttes Design. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Ploso. Jumlah sampel yang diambil adalah 6 orang. Berdasarkan hasil pretest dan posttest yang sudah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa dalam berhitung perkalian yang dimana pada pretest terdapat siswa yang mendapatkan nilai terendah 40 dan pada posttest nilai siswa terendah adalah 60. Peningkatan hasil belajar siswa dari hasil penelitian ini mengalami kenaikan, yang awal pretest rata-rata sebesar 76,67 naik menjadi 88,33. Oleh karena itu dengan menggunakan metode ini dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap kemampuan berhitung siswa.

Published

2024-01-11

Citation Check