Pepatah Adat Kampung Naga Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v11i1.4252Abstract
Salah satu sumber nilai-nilai karakter yang dapat diterapkan dalam pendidikan adalah nilai-nilai adat yang ada di masyarakat. Salah satu contohnya adalah nilai-nilai adat yang terdapat di Kampung Naga. Pepatah adat Kampung Naga memiliki peran penting dalam membentuk karakter masyarakatnya. Pepatah-pepatah ini bukan sekadar kumpulan kata bijak, melainkan cermin dari nilai-nilai yang dijunjung tinggi dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menerapkan pendekatan studi pustaka, yang merupakan jenis penelitian yang melibatkan analisis dan sintesis literatur atau kumpulan sumber informasi yang relevan dengan topik penelitian. Kampung Naga, sebuah desa adat di Jawa Barat, memiliki beragam pepatah adat yang mengandung nilai kearifan lokal. Pepatah tradisional ini merupakan sumber berharga bagi pendidikan karakter di sekolah dasar. Melalui pepatah-pepatah tersebut, Kampung Naga mengajarkan nilai-nilai religiu, berpikir kritis, disiplin, kesederhanaan, rendah hati, peduli lingkungan, cinta tanah air, dan kemandirian. Nilai-nilai ini menjadi pondasi dalam membentuk karakter peserta didik. Pentingnya pendidikan karakter juga diakui sebagai upaya untuk membangun bangsa yang kuat, bermoral, dan memiliki identitas budaya yang kokoh.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Agie Nurwati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es