Dampak Penggunaan Model Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Siswa SD Ditinjau Dari Teori Humanistik

Authors

  • Ni Putu Feny Yuliawati Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • Ni Ketut Suarni Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • I Gede Margunayasa Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v11i1.4248

Abstract

Minimnya pengetahuan guru tentang teori belajar memberi peringatan bahwa apakah proses pembelajaran yang telah dilakukan berhasil memberi makna pada siswa atau tidak. Implementasi model pembelajaran dengan pendekatan saintifiki memiliki dampak bagi siswa SD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan dampak penggunaan model pembelajaran dengan pendekatan saintifik terhadap siswa sekolah dasar ditinjau dari teori humanistik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kepustakaan (library research) dengan teknik analisis deskriptif. Dari hasil studi pustaka, ditemukan adanya perubahan dari kualitas rendah menjadi kualitas tinggi karena adanya peningkatan. Peningkatan inilah yang menjadi dampak model pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada siswa. Adapun peningkatan yang berhasil dirangkum adalah peningkatan hasil belajar, motivasi belajar, sikap ilmiah, keterampilan proses sains, berpikir kritis dan berpikir kreatif. Ditinjau dari teori belajar humanistik, dampak ini timbul karena model pembelajaran dengan pendekatan saintifik memberi ruang kebebasan bagi siswa untuk mencari tahu dan membangun pengetahuannya sendiri.  

Published

2024-01-11

Citation Check