Analisis Pemahaman Konsep Mata Pelajaran IPS Materi Pemanfaatan Sumber Daya Alam Kelas IV SDN 81 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v11i1.4246Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran
IPS Materi Pemanfaatan Sumber Daya Alam. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD
Negeri 81 Palembang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode
kualitatif dengan pendekatan deskriptif dalam analisa datanya. Teknik pengumpulan datanya yaitu
observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis menyatakan bahwa
kemampuan pemahaman konsep pembelajaran IPS materi Pemanfaatan Sumber Daya Alam pada
siswa kelas IV SD Negeri 81 Palembang secara keseluruhan sudah sangat baik dengan rata-rata skor
yaitu 19,17. Dimana dari tujuh indikator pemahaman konsep materi hanya satu indikator yang masih
berkategori sedang, sisanya 6 indikator sudah berkategori tinggi. Indikator yang memiliki kategori
sedang dan perlu ditingkatkan adalah indikator kemampuan membandingkan konsep materi dengan
nilai rata-rata skor siswa adalah 2,78. Sementara indikator yang memiliki nilai rata-rata skor
siswanya yang paling tinggi adalah indikator kemampuan menafsirkan konsep materi yaitu sebesar
3,92%.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 dinda laras, david budi irawan, patricia hm lubis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es