Analisis Pemahaman Konsep Mata Pelajaran IPS Materi Pemanfaatan Sumber Daya Alam Kelas IV SDN 81 Palembang

Authors

  • Dinda Laras Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • David Budi Irawan Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Patricia Hm Lubis Universitas PGRI Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v11i1.4246

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran
IPS Materi Pemanfaatan Sumber Daya Alam. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD
Negeri 81 Palembang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode
kualitatif dengan pendekatan deskriptif dalam analisa datanya. Teknik pengumpulan datanya yaitu
observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis menyatakan bahwa
kemampuan pemahaman konsep pembelajaran IPS materi Pemanfaatan Sumber Daya Alam pada
siswa kelas IV SD Negeri 81 Palembang secara keseluruhan sudah sangat baik dengan rata-rata skor
yaitu 19,17. Dimana dari tujuh indikator pemahaman konsep materi hanya satu indikator yang masih
berkategori sedang, sisanya 6 indikator sudah berkategori tinggi. Indikator yang memiliki kategori
sedang dan perlu ditingkatkan adalah indikator kemampuan membandingkan konsep materi dengan
nilai rata-rata skor siswa adalah 2,78. Sementara indikator yang memiliki nilai rata-rata skor
siswanya yang paling tinggi adalah indikator kemampuan menafsirkan konsep materi yaitu sebesar
3,92%.

Published

2024-01-11

Citation Check