Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Untuk Meningkatkan Penguasaan Materi Sistem Pernapasan Manusia Pada Pembelajaran IPA Kelas V SDN Serdang Kulon IV

Authors

  • Rizky Anggraeni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Encep Andriana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • A. Syachruroji Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v11i1.4245

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran Augmented Reality di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang tujuannya adalah mengetahui kelayakan, mengetahui peningkatan, dan mengetahui respon siswa terhadap suatu produk. Penelitian ini dibatasi pada siswa kelas V SDN Serdang Kulon IV yang ada di Kabupaten Tangerang. Data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Pelaksanaan penelitian mengikuti model pengembangan ADDIE. Pertama, tahap analisis meliputi analisis kebutuhan, kurikulum dan materi. Kedua, tahap perancangan desain pembuatan media. Ketiga, tahap pengembangan media pembelajaran. Keempat, tahap implementasi atau uji coba produk. Kelima, tahap evaluasi. Dari hasil validitas produk dan berdasarkan masukan dari ahli, kemudian dilakukan revisi terhadap produk yang dikembangkan. Berdasarkan hasil validasi para ahli, didapatkan bahwa media Augmented Reality mendapatkan kategori “Sangat Layak” untuk digunakan. Diperoleh kesimpulan penguasaan materi siswa meningkat dilihat dari hasil N-Gain yang termasuk kriteria “Sedang”, serta peningkatan nilai rata-rata yang termasuk kategori “Baik”. Lalu didapatkan respon siswa yang termasuk dalam kategori “Sangat Positif” terhadap media pembelajaran yang dikembangkan.

Published

2024-01-11

Citation Check