Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Untuk Meningkatkan Penguasaan Materi Sistem Pernapasan Manusia Pada Pembelajaran IPA Kelas V SDN Serdang Kulon IV
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v11i1.4245Abstract
Tujuan penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran Augmented Reality di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang tujuannya adalah mengetahui kelayakan, mengetahui peningkatan, dan mengetahui respon siswa terhadap suatu produk. Penelitian ini dibatasi pada siswa kelas V SDN Serdang Kulon IV yang ada di Kabupaten Tangerang. Data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Pelaksanaan penelitian mengikuti model pengembangan ADDIE. Pertama, tahap analisis meliputi analisis kebutuhan, kurikulum dan materi. Kedua, tahap perancangan desain pembuatan media. Ketiga, tahap pengembangan media pembelajaran. Keempat, tahap implementasi atau uji coba produk. Kelima, tahap evaluasi. Dari hasil validitas produk dan berdasarkan masukan dari ahli, kemudian dilakukan revisi terhadap produk yang dikembangkan. Berdasarkan hasil validasi para ahli, didapatkan bahwa media Augmented Reality mendapatkan kategori “Sangat Layak” untuk digunakan. Diperoleh kesimpulan penguasaan materi siswa meningkat dilihat dari hasil N-Gain yang termasuk kriteria “Sedang”, serta peningkatan nilai rata-rata yang termasuk kategori “Baik”. Lalu didapatkan respon siswa yang termasuk dalam kategori “Sangat Positif” terhadap media pembelajaran yang dikembangkan.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Rizky Anggraeni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es