Dampak Media Sosial Terhadap Perkembangan Siswa SD Ditinjau Dari Teori Belajar Sosial

Authors

  • I Putu Agus Suryanata Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • Ni Ketut Suarni Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • I Gede Margunayasa Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v11i1.4243

Abstract

Maraknya penggunakan gadget untuk bermedia sosial menciptakan kegelisahan bagi guru dan orang tua mengenai dampaknya bagi perkembangan siswa. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui dampak media sosial terhadap perkembangan siswa SD. Penelitian ini menggunakan metode Library Research dengan mengkaji jurnal-jurnal terkait untuk menciptakan teori baru. Hasil penelitian ini adalah secara garis besar, baik positif maupuan negatif, dampak media sosial terhadap perkembangan siswa ditinjau dari teori belajar sosial. Sosial media mempengaruhi perkembangan siswa melalui proses imitasi terhadap model yang mereka pilih dalam sosial media. Perkembangan yang terjadi bisa saja bersifat positif dan negatif. Hal ini tergantung dari lingkungan sosial yang mampu mengontrol akses siswa terhadap sosial media. Pengawasan sangat diperlukan dalam tahap ini baik oleh guru maupun orang tua. Anak-anak belum mampu mengambil keputusan penting dalam hidupnya sehingga perlu bimbingan dan dorongan agar anak mampu mendewasakan diri dalam menilai dan memilih apa saja yang dapat mereka teladi dari apa yang mereka perhatikan.

Published

2024-01-11

Citation Check