Korelasi Antara Sikap Mandiri, Kerja Sama Dengan Tanggung Jawab Siswa Kelas Va SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v11i1.4237Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui hubungan antara kemandirian dengan tanggung jawab, 2) mengetahui hubungan antara kerja sama dengan tanggung jawab siswa, 3) mengetahui hubungan antara kemandirian, kerja sama dengan tanggung jawab. Jenis Penelitian ini adalah penelitian ex post facto yang bersifat korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5A SDIT Alam Nurul Islam yang berjumlah 15 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode nontes yaitu dengan instrumen dalam bentuk angket kemandirian belajar dan instrument observasi untuk data kerja sama dan tanggung jawab. Uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji linearitas, uji multikoliniritas, heteroskedastisitas dan autokorelasi. Sebaran data dalam penelitian ini menggunakan kolmogorov smirnov. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi dan regresi linear berganda pada software SPSS. Hasil penelitian korelasi diperoleh Rxy = 11,639 yang berada pada koefisien korelasi antara (0,8-1,00) termasuk memiliki tingkat hubungan sangat kuat. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara kemandirian belajar, kerja sama dengan tanggung jawab siswa kelas 5A SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta pada kategori sangat tinggi.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Dwi Setyawati, Dhuta Sukmarani, Kun Hisnan Hajron, Zahrotus Suroya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es