Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Materi Sistem Pernafasan Manusia Melalui Media Audio Visual
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v11i1.4229Abstract
Latar belakang penelitian oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pra siklus pelajaran, siswa masih mengalami kesulitan terhadap pemahaman terhadap materi yang diberikan, siswa juga masih pasif dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar IPA materi organ pernafasan manusia melalui media audio visual pada siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, serta analisis dan refleksi. Subjek penelitian adalah 20 siswa. Data yang diambil berupa hasil tes akhir siklus, hasil observasi dan dokumentasi. Indikator keberhasilan adalah apabila dalam kelas terdapat 75% atau lebih dari jumlah siswa memperoleh nilai rata-rata 70. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pra siklus adalah 50 dengan ketuntasan 20 %. Nilai rata-rata Siklus I adalah 65 dengan ketuntasan 35 %. Dan pada siklus II nilai rata-ratanya adalah 86 dengan tingkat ketuntasan mencapai 95 %. Rata-rata nilai dari pra siklus, siklus I dan siklus II menunjukan adanya peningkatan, yang berarti ada peningkatan hasil belajar.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Ahmad Arifin Zain
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es