Implementasi Kecerdasan Majemuk Di Sekolah Dasar: Rekonstruksi Praktik Baik Guru Dalam Membangun Potensi Siswa Secara Insklusif
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v10i2.4210Abstract
Pembelajaran harus mampu membangun potensi siswa secara holistik, artinya potensi kecerdasan yang berbeda harus dimanfaatkan dalam pembelajaran. Dengan mengakui kecerdasan yang berbeda, guru dapat menciptakan lingkungan pembelajaran inklusif yang memungkinkan setiap siswa untuk tumbuh dan berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk merekonstruksi implementasi pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk (multiple intelligences) mulai dari cara guru dalam mengidentifikasi kecerdasan majemuk siswa, menggunakannya untuk mendesain pembelajaran, serta cara evaluasi pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode holistic multiple-case study. Teknik pengumpulan data melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dan studi dokumenter. Subjek penelitian adalah guru dan siswa dari beberapa sekolah dasar terpilih yang berhasil menerapkan pendekatan kecerdasan majemuk dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik guru dalam merancang pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk masih terbatas pada beberapa kecerdasan saja, seperti kecerdasan linguistik dan matematis-logika karena berbagai kendala dan keterbatasan. Namun demikian, bila dirangkum dari keseluruhan temuan yang memadukan praktik-praktik baik yang dilakukan guru pada kelas-kelas di sekolah yang diteliti, dapat disusun implementasi pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk yang utuh sebagai preferensi bagi para guru untuk memilih praktik yang sesuai. Pada gilirannya, implementasi pendekatan kecerdasan majemuk sebagai basis dalam implementasi pembelajaran secara utuh, dapat menjadi langkah yang efektif dalam membangun potensi siswa secara holistik.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Yohannes Kurniawan Barus, Aan Fardani Ubaidillah, Slamet Arifin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es