Efektivitas Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Winaldha Maulina Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Tri Linggo Wati Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v10i2.4180

Abstract

Penelitian ini berfokus guna mengetahui taraf berpengaruhnya media video terhadap hasil belajar siswa di SDN Bluru Kidul II pada mata pelajaran IPA Subtema 1 Manusia dan Lingkungan. Metode penelitian yang diterapkan yaitu kuantitatif  pre-eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest. Pada penelitian ini hanya terdapat satu kelas dan tidak ada kelas pembanding. Jadi soal pretest diserahkan pada siswa sebelum diberinya perlakuan, lalu jika sudah diberi perlakuan dengan menampilak video tersebut lalu peserta didik diberikan soal posttest yang telah disiapkan. Uji t diterapkan pada penelitian guna mamperoleh fakta akan pengaruh media video terhadap hasil belajar, dengan demikian mampu diuji hipotesis alternatif didapatinya perubahan rata-rata hasil belajar siswa. Hasil penelitian memberi pengaruh yang baik dan signifikan terhadap hasil belajar pada subtema 1 masyarakat dan lingkungan melalui pemanfaatan media video, hal tersebut bisa diambil simpulan dari penjelasan penulis. Temuan penelitian ini diharapkan mampu menyumbang pengetahuan dan pengalaman baru kepada penulis dan pendidik terkait penggunaan media pembelajaran sehingga mampu merealisasi lingkungan belajar yang dinamis yang akan menunjang hasil belajar siswa

Published

2023-07-12

Citation Check