Efektivitas Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v10i2.4180Abstract
Penelitian ini berfokus guna mengetahui taraf berpengaruhnya media video terhadap hasil belajar siswa di SDN Bluru Kidul II pada mata pelajaran IPA Subtema 1 Manusia dan Lingkungan. Metode penelitian yang diterapkan yaitu kuantitatif pre-eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest. Pada penelitian ini hanya terdapat satu kelas dan tidak ada kelas pembanding. Jadi soal pretest diserahkan pada siswa sebelum diberinya perlakuan, lalu jika sudah diberi perlakuan dengan menampilak video tersebut lalu peserta didik diberikan soal posttest yang telah disiapkan. Uji t diterapkan pada penelitian guna mamperoleh fakta akan pengaruh media video terhadap hasil belajar, dengan demikian mampu diuji hipotesis alternatif didapatinya perubahan rata-rata hasil belajar siswa. Hasil penelitian memberi pengaruh yang baik dan signifikan terhadap hasil belajar pada subtema 1 masyarakat dan lingkungan melalui pemanfaatan media video, hal tersebut bisa diambil simpulan dari penjelasan penulis. Temuan penelitian ini diharapkan mampu menyumbang pengetahuan dan pengalaman baru kepada penulis dan pendidik terkait penggunaan media pembelajaran sehingga mampu merealisasi lingkungan belajar yang dinamis yang akan menunjang hasil belajar siswa
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Winaldha Maulina, Tri Linggo Wati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es