Identifikasi Berbagai Model Pembelajaran Memirsa Di SD Muhamadiyah Payaman Kabupaten Magelang

Authors

  • Sekar Mayang Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia
  • Arif Wiyat Purnanto Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia
  • Agristo Bintang Aji Pradana Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v10i2.4179

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai model pembelajaran memirsa yang digunakan di kelas 4 SD Muhammadiyah Payaman. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode survei. Metode pengumpulan data, yang disesuaikan dengan situasi lapangan, melibatkan observasi, wawancara, dan pencatatan lapangan selama satu bulan di SD Muhammadiyah Payaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran memirsa terbagi menjadi dua kategori utama, yaitu literasi visual dan memirsa kritis. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa penerapan memirsa sudah dilakukan di kelas 4 SD Muhammadiyah Payaman. Selama 27 hari penelitian, terdapat 10 hari di mana aktivitas memirsa terlihat. Dari 10 hari tersebut, terdapat 13 temuan yang berkaitan dengan 4 mata pelajaran, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, IPAS, dan Bahasa Inggris. Terdapat dua jenis temuan memirsa, yaitu memirsa dengan bentuk visual dan memirsa dengan bentuk audio visual. Sehingga dapat disimpulkan bahwa di kelas 4 SD Muhammadiyah Payaman yang menerapkan kurikulum merdeka secara tidak langsung juga sudah menerapkan model pembelajaran memirsa kepada peserta didiknya.

Published

2023-07-12

Citation Check