Identifikasi Berbagai Model Pembelajaran Memirsa Di SD Muhamadiyah Payaman Kabupaten Magelang
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v10i2.4179Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai model pembelajaran memirsa yang digunakan di kelas 4 SD Muhammadiyah Payaman. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode survei. Metode pengumpulan data, yang disesuaikan dengan situasi lapangan, melibatkan observasi, wawancara, dan pencatatan lapangan selama satu bulan di SD Muhammadiyah Payaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran memirsa terbagi menjadi dua kategori utama, yaitu literasi visual dan memirsa kritis. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa penerapan memirsa sudah dilakukan di kelas 4 SD Muhammadiyah Payaman. Selama 27 hari penelitian, terdapat 10 hari di mana aktivitas memirsa terlihat. Dari 10 hari tersebut, terdapat 13 temuan yang berkaitan dengan 4 mata pelajaran, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, IPAS, dan Bahasa Inggris. Terdapat dua jenis temuan memirsa, yaitu memirsa dengan bentuk visual dan memirsa dengan bentuk audio visual. Sehingga dapat disimpulkan bahwa di kelas 4 SD Muhammadiyah Payaman yang menerapkan kurikulum merdeka secara tidak langsung juga sudah menerapkan model pembelajaran memirsa kepada peserta didiknya.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Sekar Mayang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es