Pengaruh Model Role Playing Berbantuan Media Kartu Bergambar Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SDN 1 Klumpit
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v10i2.4175Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa setelah diajar menggunakan model role playing berbantuan media kartu bergambar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Pre-Eksperimental Design dengan tipe One Group Pretest Posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Klumpit. Pengambilan sampel dilakukan dengan dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 1 Klumpit yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penlitiaan ini adalah tes dengan rincian pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengolah data yaitu uji normalias sebagai uji prasyarat dan uji N-gain untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa sesudah menerapkan model role playing berbantuan media kartu bergambar. Hasil dari uji N-gain diperoleh nilai 0,58. Artinya nilai tersebut menurut Hake (1999) terletak di antara 0,30 – 0.70 dengan kriteria pengingkatan pemahaman konsep sedang.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Boy Saputro, Farah Shoufika Hilyana, Sekar Dwi Ardianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es