Pengaruh Model Role Playing Berbantuan Media Kartu Bergambar Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SDN 1 Klumpit

Authors

  • Muhammad Boy Saputro Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Farah Shoufika Hilyana Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Sekar Dwi Ardianti Universitas Muria Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v10i2.4175

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa setelah diajar menggunakan model role playing berbantuan media kartu bergambar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Pre-Eksperimental Design dengan tipe One Group Pretest Posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Klumpit. Pengambilan sampel dilakukan dengan dengan menggunakan teknik sampling jenuh.  Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 1 Klumpit yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penlitiaan ini adalah tes dengan rincian pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengolah data yaitu uji normalias sebagai uji prasyarat dan uji N-gain untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa sesudah menerapkan model role playing berbantuan media kartu bergambar. Hasil dari uji N-gain diperoleh nilai 0,58. Artinya nilai tersebut menurut Hake (1999) terletak di antara 0,30 – 0.70 dengan kriteria pengingkatan pemahaman konsep sedang.

 

Published

2023-07-12

Citation Check