Analisis Model Memirsa Di Kelas II SD Muhammadiyah Payaman Kabupaten Magelang

Authors

  • Anisa Vigitma Anisa Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia
  • Arif Wiyat Purnanto Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia
  • Ari Suryawan Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v10i2.4174

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui model pembelajaran memo yang ada di kelas II SD Muhammadiyah Payaman Kabupaten Magelang. Jenis penelitian yang dilakukan termasuk dalam penelitian kualitatif dengan metode survey. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan catatan lapangan yang dilakukan selama satu bulan di lokasi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran memirsa terbagi menjadi beberapa kategori. Pertama Literasi Visual dan Kedua Memirsa kritis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model memirsa sudah dilakukan. Terdapat 4 aktivitas catatan selama 27 hari dalam sebulan. Pada kelas II SD Muhammadiyah Payaman ditemukan kegiatan memirsa di tematik, mata pelajaran matematika, bahasa Indonesia dan bahasa inggris. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model memirsa di kelas II SD Muhammadiyah Payaman hasilnya cukup baik. Dengan demikian penelitian ini menekankan bahwa peran penting penggunaan model pembelajaran perlu diperhatikan untuk meningkatkan keterampilan literasi visual siswa. Terdapat beberapa cara untuk meningkatkan keterampilan memirsa yaitu dengan mempelajari situasi atau kondisi kebutuhan siswa secara individu, serta menerapkan pendekatan yang dapat di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Published

2023-07-12

Citation Check