Analisis Model Memirsa Di Kelas II SD Muhammadiyah Payaman Kabupaten Magelang
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v10i2.4174Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui model pembelajaran memo yang ada di kelas II SD Muhammadiyah Payaman Kabupaten Magelang. Jenis penelitian yang dilakukan termasuk dalam penelitian kualitatif dengan metode survey. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan catatan lapangan yang dilakukan selama satu bulan di lokasi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran memirsa terbagi menjadi beberapa kategori. Pertama Literasi Visual dan Kedua Memirsa kritis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model memirsa sudah dilakukan. Terdapat 4 aktivitas catatan selama 27 hari dalam sebulan. Pada kelas II SD Muhammadiyah Payaman ditemukan kegiatan memirsa di tematik, mata pelajaran matematika, bahasa Indonesia dan bahasa inggris. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model memirsa di kelas II SD Muhammadiyah Payaman hasilnya cukup baik. Dengan demikian penelitian ini menekankan bahwa peran penting penggunaan model pembelajaran perlu diperhatikan untuk meningkatkan keterampilan literasi visual siswa. Terdapat beberapa cara untuk meningkatkan keterampilan memirsa yaitu dengan mempelajari situasi atau kondisi kebutuhan siswa secara individu, serta menerapkan pendekatan yang dapat di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Anisa Vigitma Anisa, Arif Wiyat Purnanto, Ari Suryawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es