Proses Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Model Problem Based Learning (PBL) Di SDN Kalideres 06 Pagi
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v10i2.4171Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Untuk menganalisis rancangan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL), (2) Untuk menjelaskan proses penerapan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL), (3) Untuk menggambarkan keterampilan berpikir kritis setelah dilaksanakannya pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Peneliti memilih metode tersebut karena sesuai dengan judul yang peneliti angkat. Sehingga hasil yang diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi dapat dikaji oleh peneliti. Hasil dan temuan yang peneliti lakukan di SDN Kalideres 06 pagi terdapat rancangan kegiatan pembelajaran di kelas VA SDN Kalideres 06 Pagi sudah menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Proses penerapan kegiatan pembelajaran juga sudah sesuai dengan sintak model Problem Based Learning (PBL). Peserta didik di kelas VA juga memiliki keterampilan berpikir kritis yang dapat dilihat dari beberapa indikator yaitu peserta didik sudah mampu menganalisis suatu masalah, mensintesis juga dapat dilihat dari pertanyaan yang diberikan peserta didik kepada guru yang mengandung pertanyaan HOTS, adapun peserta didik mampu menyimpulkan suatu topik permasalahan, yang hal ini dapat dilihat dari kesimpulan yang ditarik dari permasalahan secara utuh serta mampu mengevaluasi dan menilai.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Meily Meily Fasha Kurniasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es