Pengaruh Model Role Playing Berbantu Flashcard Terhadap Kemampuan Bercerita Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v10i2.4162Abstract
Kemampuan bercerita merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan bahasa dan literasi pada anak-anak. Namun siswa SD menghadapi kesulitan dalam mengembangkan kemampuan bercerita mereka, mereka mengalami keterbatasan kosakata, kesulitan mengorganisir pikiran secara kronologis, kesulitan mengungkapkan emosi dan perasaan karakter, serta kurangnya imajinasi kreatif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model role playing berbantu flashcard terhadap keterampilan bercerita. Penelitian menggunakan metode true eksperimental dengan Post test Only Control Group Design. Subjek populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Sumokembangsri 1 Kecamatan Balongbendo yang berjumlah 36 siswa, dengan mengambil sampel sebanyak 36 siswa yaitu kelas IV A yang berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B yang berjumlah 16 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes lisan, yaitu post test pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengujian hipotesis posttest dari hasil uji t diperoleh thitung 12,523 > ttabel 1,691, maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai post test kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hal ini dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh model role playing berbantu flashcard terhadap keterampilan bercerita siswa pada kelas IV SDN Sumokembangsri 1 Kecamatan Balongbendo.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Adita Dwi Safirah, Anang Setiawan, Firda Alviyanti, Wahyu Sukartiningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es