Pengaruh Model Role Playing Berbantu Flashcard Terhadap Kemampuan Bercerita Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Anang Setiawan Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Firda Alviyanti Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Adita Dwi Safirah Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Wahyu Sukartiningsih Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v10i2.4162

Abstract

Kemampuan bercerita merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan bahasa dan literasi pada anak-anak. Namun siswa SD menghadapi kesulitan dalam mengembangkan kemampuan bercerita mereka, mereka mengalami keterbatasan kosakata, kesulitan mengorganisir pikiran secara kronologis, kesulitan mengungkapkan emosi dan perasaan karakter, serta kurangnya imajinasi kreatif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model role playing berbantu flashcard terhadap keterampilan bercerita. Penelitian menggunakan metode true eksperimental dengan Post test Only Control Group Design. Subjek populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Sumokembangsri 1 Kecamatan Balongbendo yang berjumlah 36 siswa, dengan mengambil sampel sebanyak 36 siswa yaitu kelas IV A yang berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B yang berjumlah 16 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes lisan, yaitu post test pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengujian hipotesis posttest dari hasil uji t diperoleh thitung 12,523 > ttabel 1,691, maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai post test kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hal ini dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh model role playing berbantu flashcard terhadap keterampilan bercerita siswa pada kelas IV SDN Sumokembangsri 1 Kecamatan Balongbendo.

Published

2023-07-12

Citation Check