Pengembangan Media Permainan Spinning The Wheel Berbasis Kooperatif Tipe Jigsaw Materi Alat Dan Sistem Pernapasan Pada Manusia Untuk Meningkatkan Communication Skill Siswa Kelas V UPT SD Negeri Satriyan 03 Kanigoro Blitar
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v10i2.4153Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media permainan Spinning The Wheel berbasis Kooperatif Tipe Jigsaw dalam meningkatkan Communication Skill siswa kelas V UPT SD Negeri Satreyan 03 Kanigoro Blitar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan berpedoman pada model ADDIE yang meliputi lima tahapan. Pertama analisis masalah. Kedua desain atau perancangan roduk. Ketiga pengembangan produk berdasarkan rancangan pada tahap sebelumnya, pada tahap ini juga dilaksanakan uji reliabilitas, validitas instrument dan validasi produk oleh ahli media dan ahli materi dengan hasil pada kategori sangat valid. Keempat implementasi atau pelaksanaa uji coba lapangan, pada tahap ini peneliti melaksanakan uji kelayakan oleh respon pengguna yaitu guru dengan hasil yang didapat pada kategori sangat layak dan dilaksanakan uji N-gain untuk mengukur bagaimana peningkatan Communication Skill sebelum dan setelah menggunakan media, skor yang di gunakan untuk uji N-gain ini diperoleh dari hasil preobservation dan postobservation yang mendapatkan skor rata-rata yaitu 0,722478 dengan kriteria Tinggi. Hasil tersebut kemudian diinterpretasikan dalam bentuk persentase dengan hasil 72,24% pada kriteria Cukup Efektif sehingga dapat disimpulkan bahwa media permainan Spinning The Wheel berbasis Kooperatif Tipe Jigsaw cukup meningkatkan Communication Skill siswa. Kelima evaluasi, tahap ini merupakan evaluasi akhir dari penilaian ahli materi dan media sebagai acuan mengembangkan media yang valid dan layak digunakan dalam meningkatkan Communication Skill siswa.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Mariyatul Kiptiyah, Mohamad Fatih, Cindya Alfi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es