Analisis Kesulitan Belajar Membaca (Disleksia) Pada Anak Kelas 2 Sekolah Dasar

Authors

  • Aldinol Wicaksono UIN Sunan Kalijaga, Indonesia
  • Fitri Yuliawati UIN Sunan Kalijaga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v10i2.4151

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar pada salah satu anak di daerah Mansirenggo. Model penelitian dalam artikel ini menggunakan metode analisis Kualitatif Deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah dengan tes membaca, wawancara dengan subyek, wawancara dengan keluarga subyek, dan observasi pengamatan dilingkungan subyek. Analisis data dipenelitian ini dengan cara menggunakan reduksi data, penyajian data, lalu yang terakhir penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini melalui tes membaca, wawancara dengan subyek, wawancara dengan keluarga subyek dan observasi pengamatan dilingkungan subyek dapat diketahui bahwa subyek penelitian mengalami kesulitan membaca diantaranya :Tidak dapat melafalkan huruf diftong (ny, ng); Tidak dapat melafalkan gabungan huruf diftong-vokal (nya, ngu); Pengucapan kata dengan bantuan guru; Ragu-ragu dalam membaca; Membaca tersendat-sendat; Kesulitan membaca kata yang memiliki imbuhan (..-lah). Dari hasil peneilitian juga menemukan faktor yang menyebabkan subyek kesulitan belajar adalah faktor lingkungan tempat tinggal, didikan dari keluarga, dan penggunaan media pembelajaran disekolah yang kurang maksimal.

 

Published

2023-07-12

Citation Check