Analisis Kesulitan Belajar Membaca (Disleksia) Pada Anak Kelas 2 Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v10i2.4151Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar pada salah satu anak di daerah Mansirenggo. Model penelitian dalam artikel ini menggunakan metode analisis Kualitatif Deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah dengan tes membaca, wawancara dengan subyek, wawancara dengan keluarga subyek, dan observasi pengamatan dilingkungan subyek. Analisis data dipenelitian ini dengan cara menggunakan reduksi data, penyajian data, lalu yang terakhir penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini melalui tes membaca, wawancara dengan subyek, wawancara dengan keluarga subyek dan observasi pengamatan dilingkungan subyek dapat diketahui bahwa subyek penelitian mengalami kesulitan membaca diantaranya :Tidak dapat melafalkan huruf diftong (ny, ng); Tidak dapat melafalkan gabungan huruf diftong-vokal (nya, ngu); Pengucapan kata dengan bantuan guru; Ragu-ragu dalam membaca; Membaca tersendat-sendat; Kesulitan membaca kata yang memiliki imbuhan (..-lah). Dari hasil peneilitian juga menemukan faktor yang menyebabkan subyek kesulitan belajar adalah faktor lingkungan tempat tinggal, didikan dari keluarga, dan penggunaan media pembelajaran disekolah yang kurang maksimal.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Aldinol Wicaksono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es