Analisis Penggunaan Media Google Earth dan Google Sites Pada Pelajaran IPS SD
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v10i2.4142Abstract
Penggunaan teknologi digital semakin berkembang di berbagai bidang, salah satunya adalah bidang pendidikan. Kemajuan teknologi saat ini membuat berbagai perubahan yang terjadi dalam pendidikan, berbagai inovasi terus dikembangkan untuk mengikuti tuntutan zaman. Google Earth dan Google Site merupakan media penunjang yang dapat dimanfaatkan oleh pendidik dalam penggunaan materi pembelajaran di SD khususnya pembelajaran IPS. Tujuan yang hendak dicapai pada penelitian ini antara lain: 1) Mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran Google Earth dalam materi pembelajaran IPS, 2) Mengetahui efektivitas penggunaan Google Site sebagai media pembelajaran di SD. Penelitian ini digunakan metode deskriptif-kualitatif dengan pendekatan studi pustaka melalui literatur-literatur berupa jurnal, dan artikel ilmiah yang sesuai dengan topik pembahasan yang akan diambil. Berdasarkan kajian, Google Earth dan Google Sites terbukti mampu menunjang proses pembelajaran pada era digitalisasi agar proses belajar mengajar dapat lebih efektif dan mutakhir. Dari hasil data yang dikaji maka Google Earth dan Google Site direkomendasikan kepada tenaga pendidik untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Maulana Ramdani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es