Analisis Penggunaan Media Google Earth dan Google Sites Pada Pelajaran IPS SD

Authors

  • Adila Febrianti Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta, Indonesia
  • Maulana Ramdani Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Salma Ramdhani Putri Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta, Indonesia
  • Sehnaz Safana Kamila Ishaq Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta, Indonesia
  • Zahidah Nurul Kamilah Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta, Indonesia
  • Nadia Tiara Antik Sari Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta, Indonesia
  • Sofyan Iskandar Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v10i2.4142

Abstract

Penggunaan teknologi digital semakin berkembang di berbagai bidang, salah satunya adalah bidang pendidikan. Kemajuan teknologi saat ini membuat berbagai perubahan yang terjadi dalam pendidikan, berbagai inovasi terus dikembangkan untuk mengikuti tuntutan zaman. Google Earth dan Google Site merupakan media penunjang yang dapat dimanfaatkan oleh pendidik dalam penggunaan materi pembelajaran di SD khususnya pembelajaran IPS. Tujuan yang hendak dicapai pada penelitian ini antara lain: 1) Mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran Google Earth dalam materi pembelajaran IPS, 2) Mengetahui efektivitas penggunaan Google Site sebagai media pembelajaran di SD. Penelitian ini digunakan metode deskriptif-kualitatif dengan pendekatan studi pustaka melalui literatur-literatur berupa jurnal, dan artikel ilmiah yang sesuai dengan topik pembahasan yang akan diambil. Berdasarkan kajian, Google Earth dan Google Sites terbukti mampu menunjang proses pembelajaran pada era digitalisasi agar proses belajar mengajar dapat lebih efektif dan mutakhir. Dari hasil data yang dikaji maka Google Earth dan Google Site direkomendasikan kepada tenaga pendidik untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik.

Published

2023-07-12

Citation Check