Pemanfaatan Big Data dalam Meningkatkan Literasi Digital Siswa melalui Pembelajaran E-Learning
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v10i2.4137Abstract
Pada era revolusi 4.0 ini, perkembangan teknologi sudah semakin maju, banyak dimana muncul beberapa penemuan baru, salah satunya yaitu Big Data. Big Data dapat dikatakan sebagai sekumpulan data dalam jumlah yang sangat besar atau informasi yang sangat besar. Big Data banyak berperan membantu individu dalam berselancar di internet. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode narrative review atau tinjauan pustaka. Sumber data atau informasi dikumpulkan melalui bahan yang tersedia seperti dokumen, artikel, dan buku. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan big data dalam meningkatkan literasi digital siswa melalui sistem pembelajaran daring yakni e-learning. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Big Data secara tidak langsung dapat membantu meningkatkan kualitas literasi digital siswa. Namun, pemanfaatan teknologi ini juga memiliki hambatan yang dirasakan oleh siswa ataupun pendidik di wilayah terpencil sebab kurangnya teknologi yang memadai. Peran Big Data dapat membantu kelancaran berselancar di internet, menyimpan data-data materi, media, dan model pelajaran yang memiliki volume besar. Pembelajaran e-learning sebagai wadah atau jembatan bagi siswa dalam penggunaan teknologi.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Sabrina Wulandari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es