Pemanfaatan Big Data dalam Meningkatkan Literasi Digital Siswa melalui Pembelajaran E-Learning

Authors

  • Irika Widiasanti Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Sabrina Wulandari Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Annisa Fitri Hapsari Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Auliya Fajriah Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Ilham Maulana Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v10i2.4137

Abstract

Pada era revolusi 4.0 ini, perkembangan teknologi sudah semakin maju, banyak dimana muncul beberapa penemuan baru, salah satunya yaitu Big Data. Big Data dapat dikatakan sebagai sekumpulan data dalam jumlah yang sangat besar atau informasi yang sangat besar. Big Data banyak berperan membantu individu dalam berselancar di internet. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode narrative review atau tinjauan pustaka. Sumber data atau informasi dikumpulkan melalui bahan yang tersedia seperti dokumen, artikel, dan buku. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan big data dalam meningkatkan literasi digital siswa melalui sistem pembelajaran daring yakni e-learning. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Big Data secara tidak langsung dapat membantu meningkatkan kualitas literasi digital siswa. Namun, pemanfaatan teknologi ini juga memiliki hambatan yang dirasakan oleh siswa ataupun pendidik di wilayah terpencil sebab kurangnya teknologi yang memadai. Peran Big Data dapat membantu kelancaran berselancar di internet, menyimpan data-data materi, media, dan model pelajaran yang memiliki volume besar. Pembelajaran e-learning sebagai wadah atau jembatan bagi siswa dalam penggunaan teknologi.

Published

2023-07-12

Citation Check