Hubungan Kemandirian Belajar Dan Pola Asuh Orang Tua Dengan Sikap Siswa Dalam Pembelajaran Daring Berbasis Video Di Sewon Bantul
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v10i2.4129Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan kemandirian belajar dan pola asuh dengan sikap siswa dalam pembelajaran daring berbasis video. Penelitian ini menggunakan metode survey pada siswa yang mengikuti pembelajaran daring berbasis video Sewon Bantul. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling sejumlah 203 siswa dari total 414 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan deskripsi korelasional dan menggunakan kuisioner dengan model skala likert lewat google form. Pengolahan data menggunakan SPSS for Windows versi 21. Pengujian hipotesis menggunakan korelasi product moment yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linearitas. Hasil penelitian menunjukan : (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan sikap siswa, sesuai dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai korelasi 0,423 dengan nilai sig 0,000<0,05; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dengan sikap siswa, sesuai dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai korelasi 0,432 dengan nilai sig.0,000<0,05; (3) terdapat hubungan positif yang signifikan secara bersama-sama antara kemandirian belajar dan pola asuh orang tua dengan sikap siswa dengan nilai korelasi ganda 0,536 dan R Square 0,287. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dan pola asuh orang tua dengan sikap siswa di Sewon Bantul.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Irwan Risdiantoro, Kulsum Nur Hayati, Aminudin Zuhairi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es