Hubungan Kemandirian Belajar Dan Pola Asuh Orang Tua Dengan Sikap Siswa Dalam Pembelajaran Daring Berbasis Video Di Sewon Bantul

Authors

  • Irwan Risdiantoro Universitas Terbuka, Indonesia
  • Kulsum Nur Hayati Universitas Terbuka, Indonesia
  • Aminudin Zuhairi Universitas Terbuka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v10i2.4129

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan kemandirian belajar dan pola asuh dengan sikap siswa dalam pembelajaran daring berbasis video. Penelitian ini menggunakan metode survey pada siswa yang mengikuti pembelajaran daring berbasis video Sewon Bantul. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling sejumlah 203 siswa  dari total 414 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan deskripsi korelasional dan menggunakan kuisioner dengan model skala likert lewat google form. Pengolahan data menggunakan SPSS for Windows versi 21. Pengujian hipotesis menggunakan korelasi product moment yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linearitas. Hasil penelitian menunjukan : (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan sikap siswa, sesuai dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai korelasi 0,423 dengan nilai sig 0,000<0,05; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dengan sikap siswa, sesuai dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai korelasi 0,432 dengan nilai sig.0,000<0,05; (3)  terdapat hubungan positif yang signifikan secara bersama-sama antara kemandirian belajar dan pola asuh orang tua dengan sikap siswa dengan nilai korelasi ganda 0,536 dan R Square 0,287. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dan pola asuh orang tua dengan sikap siswa di Sewon Bantul.

Published

2023-07-12

Citation Check