Analisis Media Picture Board Dalam Motivasi Belajar Kelas 3 Di SDN Kalicari 01 Semarang
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v10i2.4126Abstract
Pembelajaran adalah rangkaian kegiatan pembelajaran di dalam atau di luar kelas, hanya dengan kesiapan fisik dan mental guru dan siswa maka proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar. Pembelajaran yang baik bagi siswa adalah pembelajaran yang menggunakan alat bantu saat mengajar, seperti menggunakan media picture board. Media yang digunakan dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterlibatan siswa karena siswa menjadi antusias dan ingin tahu tentang alat atau media yang dibawa guru ke meja. Motivasi belajar siswa meningkat ketika guru menggunakan media yang menarik perhatian siswa selama belajar. Pembelajaran yang baik bukanlah pembelajaran yang berpusat pada guru, melainkan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Dengan bantuan media pembelajaran, siswa dapat belajar tidak hanya dari gurunya, tetapi juga dari siswa itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penggunaan media picture board dalam meningkatkan motivasi belajar pada kelas 3 SDN Kalicari 01 dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Dari hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar siswa meningkat setelah digunakan media picture board pada pembelajaran
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Ninda Irwanti, Henry Januar Saputra, Widya Kusumaningsih, Tutik Wahyuni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es