Analisis Media Picture Board Dalam Motivasi Belajar Kelas 3 Di SDN Kalicari 01 Semarang

Authors

  • Ninda Irwanti Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Henry Januar Saputra Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Widya Kusumaningsih Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Tutik Wahyuni SD Negeri Kalicari 01, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v10i2.4126

Abstract

Pembelajaran adalah rangkaian kegiatan pembelajaran di dalam atau di luar kelas, hanya dengan kesiapan fisik dan mental guru dan siswa maka proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar. Pembelajaran yang baik bagi siswa adalah pembelajaran yang menggunakan alat bantu saat mengajar, seperti menggunakan media picture board. Media yang digunakan dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterlibatan siswa karena siswa menjadi antusias dan ingin tahu tentang alat atau media yang dibawa guru ke meja. Motivasi belajar siswa meningkat ketika guru menggunakan media yang menarik perhatian siswa selama belajar. Pembelajaran yang baik bukanlah pembelajaran yang berpusat pada guru, melainkan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Dengan bantuan media pembelajaran, siswa dapat belajar tidak hanya dari gurunya, tetapi juga dari siswa itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penggunaan media picture board dalam meningkatkan motivasi belajar pada kelas 3 SDN Kalicari 01 dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Dari hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar siswa meningkat setelah digunakan media picture board pada pembelajaran

Author Biographies

Henry Januar Saputra, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Widya Kusumaningsih, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Matematika

Tutik Wahyuni, SD Negeri Kalicari 01

Guru Kelas

Published

2023-07-12

Citation Check