Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Se-Kapanewon Kretek
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v10i1.4115Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas VI SD se-Kapanewon Kretek. Latar belakang utama diadakan penelitian ini dikarenakan karena rendahnya prestasi belajar dari segi psikologi siswa pada masa pandemi yang disebabkan karena beberapa faktor, yaitu metode yang digunakan guru kurang tepat, guru dan atau peserta didik kurang menguasai teknologi, kurangnya perhatian orang tua, serta motivasi belajar peserta didik yang rendah. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey dengan siswa-siswi Kelas VI Sekolah Dasar di Kapanewon Kretek Kabupaten Bantul. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik sample random sampling sejumlah 100 siswa dari total siswa kelas VI SD 213 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, instrument penelitian yang digunakan adalah kuesioner dengan menggunakan model skala likert melalui online dengan menggunakan Google Form. Data diolah dengan program SPSS for Windows versi 26. Pengujian hipotesis menggunakan korelasi product moment yang sebelumnya dilakukan uji pra syarat yang meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heterokedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara perhatian orangtua dengan prestasi belajar siswa, hal ini berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai korelasi sebesar 0,458 dengan nilai nilai signifikansi 0,000 < a(0,05); (2) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa, hal ini berdasarkan hasil hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai korelasi sebesar 0,380 dengan nilai signifikansi 0,000 < a(0,05); (3) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara perhatian orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai korelasi 0,509 nilai R square diperoleh 0,259 dengan nilai signifikansi 0,000 < a(0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas VI Sekolah Dasar se-Kapanewon Kretek.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Purwanti Setyawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es