Strategi Guru Dalam Pembelajaran IPA Materi Wujud Benda Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v10i1.4083Abstract
Keberhasilan dalam proses pembelajaran ditentukan dari berbagai aspek, salah satunya yaitu strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran. Sehingga penelitian ini berfokus pada analisis strategi yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran IPA pada materi wujud benda di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode deskriptif. Penelitian dilakukan di dua sekolah, yaitu di SDN Drangong 1 dan SDN Pasir Gadung dengan subjek penelitian kelas 4 di kedua SD tersebut. Jumlah populasi siswa kelas IV di SDN Drangong 1 yaitu sebanyak 29 siswa dan jumlah populasi siswa kelas IV di SDN Pasir Gadung yaitu sebanyak 25 siswa. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu guru di kedua SD tersebut menggunakan strategi pembelajaran kooperatif dalam proses pembelajaran yang dilakukan. Strategi tersebut dinilai efektif dalam proses pembelajaran dalam membangkitkan rasa ingin tahu peserta didik dan menumbuhkan antusiasme peserta didik dalam pembelajaran. Namun dalam implementasinya masih terdapat kekurangan seperti alokasi waktu yang kurang.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Avinind Inada Devianti, Jumyati Jumyati, Siti Ar'yani, Yuyu Yuhana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es