Strategi Guru Dalam Pembelajaran IPA Materi Wujud Benda Di Sekolah Dasar

Authors

  • Avinindy Inayda Devianti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Jumyati Jumyati Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Siti Nur'Ariyani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Yuyu Yuhana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v10i1.4083

Abstract

Keberhasilan dalam proses pembelajaran ditentukan dari berbagai aspek, salah satunya yaitu strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran. Sehingga penelitian ini berfokus pada analisis strategi yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran IPA pada materi wujud benda di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode deskriptif. Penelitian dilakukan di dua sekolah, yaitu di SDN Drangong 1 dan SDN Pasir Gadung dengan subjek penelitian kelas 4 di kedua SD tersebut. Jumlah populasi siswa kelas IV di SDN Drangong 1 yaitu sebanyak 29 siswa dan jumlah populasi siswa kelas IV di SDN Pasir Gadung yaitu sebanyak 25 siswa. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu guru di kedua SD tersebut menggunakan strategi pembelajaran kooperatif dalam proses pembelajaran yang dilakukan. Strategi tersebut dinilai efektif dalam proses pembelajaran dalam membangkitkan rasa ingin tahu peserta didik dan menumbuhkan antusiasme peserta didik dalam pembelajaran. Namun dalam implementasinya masih terdapat kekurangan seperti alokasi waktu yang kurang.

Published

2023-01-26

Citation Check