Analisis Kesalahan Pola Kalimat Pada Pembelajaran Daring Di SD Muhammadiyah Suronatan Yogyakarta

Authors

  • Yeni Rahmawati Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta, Indonesia
  • Anggit Tiyas Fitra Romadani Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v10i1.4069

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitiaan deskriptif kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kesalahan pola kalimat pada pembelajaran daring di SD Muhammadiyah Suronatan Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, merekam, dan menganalisis data.  Pengambilan data ini dilakukan dengan pembelajaran menggunakan Zoom. Hal ini disebabkan pengambilan data dilakukan pada saat pembelajaran daring. Teknik analisis penelitian ini disesuaikan dengan data yang ada. Dalam penelitian ini, hasil yang diperoleh adalah banyak terdapat kesalahan pola kalimat. Kesalahan pola kalimat yang paling banyak adalah pola P sebanyak 8, kedua pola S-K sebanyak 3, urutan ketiga pola K-S, P-S1-S2, P-K, dan S masing-masing sebanyak 2, urutan keempat pola P1-P2-S, P-kata tanya, Kata tanya-P, K-kata tanya-K, P-K-S, P-kata tanya-K, P1-S2-P1-S2, S1-S2-P-Pelengkap, S1-S2, S-P1-kata tanya-P2, S1-S2-K-P, S-K-P-Pelengkap, K, Kata tunjuk-S, Kata tanya-S, dan P-O-S masing-masing sebanyak 1. Analisis pola kalimat yang sering muncul pada penelitian di atas adalah pola Predikat (P) karena lebih mudah diucapkan.

 

 

Published

2023-01-26

Citation Check