Pengembangan Pembelajaran Online Berbasis Etnomatematika (POBE) Untuk Perkuliahan Mahasiswa PGSD
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v10i1.4022Keywords:
online learning, ethnomathematics, student, PGSDAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah pengembangan aplikasi pembelajaran online berbasis etnomatematika (POBE) di perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang tujuannya adalah merancang suatu model atau produk. Penelitian ini dibatasi pada ujian POBE untuk sekelompok calon guru sekolah dasar dari program Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang ada perguruan tinggi di Provinsi Riau, Indonesia. Data yang digunakan berupa studi dokumentasi dan FGD. Pelaksanaan penelitian mengikuti kerangka penelitian. Pertama, tahap analisis masalah dan potensi. Kedua, tahap melakukan studi teoritis, studi literatur dan dokumentasi. Ketiga, tahap mengamati objek penelitian dan merancang kerangka pengembangan. Keempat, tahap desain produk awal dan uji validitas. Dari hasil validitas produk dan berdasarkan masukan ahli dan penilaian calon guru SD, dilakukan revisi terhadap produk yang dikembangkan agar mendapatkan produk akhir untuk digunakan dalam perkuliahan. Berdasarkan hasil validasi (penilaian formatif) oleh para ahli, kemudian dilakukan revisi, diperoleh kesimpulan bahwa produk POBE telah memenuhi kriteria valid dengan kriteria sangat baik sehingga layak untuk digunakan oleh mahasiswa di perguruan tinggi.
References
Albanese. V, & Perales, F.J. (2015). Enculturation with ethnomathematical microprojects: From culture to mathematics. Journal of Mathematics and Culture, 9(1), 1-11.
Anggraeni, N.A., Sunarto, A., & Saltifa, P. (2020). Pengembangan media pembelajaran prezi matematika materi bangun datar berbasis etnomatematika. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 3(2), 231-239.
Barta, J., & Shockey, T. (2006). The mathematical ways of an aboriginal people: The northern ute. Journal of Mathematics and Culture, 1(1), 79-89.
Brandt, A., & Chernoff, E.J. (2017). The importance of ethnomathematics in the math class. Ohio Journal of School Mathematics, 7(1), 31-36.
Dirgantoro, K. P. S. (2019). Analisis kesulitan mahasiswa PGSD pada mata
kuliah geometri. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 13-26.
Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. (2020). Motivasi belajar mahasiswa pada pembelajaran daring selama pandemik covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 165-175.
Handarini, O.I., & Wulandari, S.S. (2020). Pembelajaran daring sebagai upaya study from home (SFH) selama pandemi covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496-503.
Kristina, M., Sari, R.N., & Nagara, E.S. (2020). Model pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi covid 19 di provinsi lampung. Jurnal Idaarah, 6(2), 200-209.
Marsigit., Condromukti, R., Setiana. D. S., & Hardiarti, S. (2018). Pengembangan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia. Hal: 20-38.
Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same?. Internet and Higher Education, 14(2011), 129-135.
Muzdalipah, I., & Yulianto, E. (2018). Ethnomathematics study: The technique of counting fish seeds (osphronemus gouramy) of sundanese style. Journal of Medives, 2(1), 25-40.
Rahmatika, R.I., & Rahmawati, I. (2021). Pengembangan media petako berbasis etnomatematika materi bangun ruang kelas V sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 1718-1731.
Rosa, M & Orey, D. (2010). Etnomodeling as a pedagogical tool for the ethnomathematics program. Revista Latinoamericana de Etnomatemática, 3(2). 14-23.
Sarwoedi., Marinka, D.O., Febriani, P., & Wirne, I.N. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171-176.
Shirley, P., & Palhares, P. (2013). The role of ethnomathematics in mathematics education. Revista Latinoamericana de Etnomatemática, 6(3), 4-6.
Solviana, M.D. (2020). Pemanfaatan teknologi pendidikan di masa pandemi covid-19: Penggunaan fitur gamifikasi daring di Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung. Al-Jahiz: Journal of Biology Education Research, 1(1), 1-14.
Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutriyani, W. (2020). Studi pengaruh daring learning terhadap minat dan hasil belajar matematika mahasiswa PGSD era pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar: Jurnal Tunas Nusantara, 2(1), 155-165.
Utami, R.E., Nugroho, A.A., Dwijayanti, I., & Sukarno, A. (2018). Pengembangan e-modul berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 268-283.
Wahyuni, et al. (2013). Peran etnomatematika dalam membangun karakter bangsa. Makalah dipresentasikan pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. ISBN: 978–979–16353–9–4. 113-118.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Fendrik, Rizal Rahmat Andhi, Nurdiansyah Nurdiansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es