HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM GURU SEKOLAH DASAR KECAMATAN KALASAN SLEMAN

Authors

  • Hardiman Hardiman UT Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v3i1.369

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai melalui program penyetaraan adalah meningkatkan kualifikasi dan kemampuan professional guru Sekolah Dasar (SD) agar dapat melaksanakan tugas sesuai dengan pola hidup dan pola piker manusia yang selaras dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk mencapai tujuan atau derajat keberhasilan mahasiswa dalam satudinya yang lazim disebut prestasi belajar.banyak sebab dan alas an yang membuat mahasiswa berhasil atau tidak berhasil dalam studinya. Salah satu diantaranya adalah kebiasaan belajar dan lingkungan belajar. Bertolak dari landasan inilah penelitian ini dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang kebiasaan belajar dan lingkungan belajar mahasisa program S1 PGSD guru SD kelompok belajar di kecamatan Kalasan Sleman Yogyakarta meningkat jumlah populasi tidak terlalu besar yaitu sebanyak 30 maka penelitian ini merupakan penelitian populasi. Penelitian ini diperoleh hasil bahwa tidak ada hubungan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar dan tidak ada hubungan antara lingkungan belajar dengan prestasi belajar mahasisa. Oleh karena itu disarankan perlu diadakan penelitian ulang, dengan instrument yang lebih detail dengan memperhatikan kelemahan-kelemahan yang ada agar bisa menghasilkan suatu generalisasi yang tepat.

Downloads

Published

2020-07-02

Citation Check