HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM GURU SEKOLAH DASAR KECAMATAN KALASAN SLEMAN
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v3i1.369Abstract
Tujuan yang hendak dicapai melalui program penyetaraan adalah meningkatkan kualifikasi dan kemampuan professional guru Sekolah Dasar (SD) agar dapat melaksanakan tugas sesuai dengan pola hidup dan pola piker manusia yang selaras dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk mencapai tujuan atau derajat keberhasilan mahasiswa dalam satudinya yang lazim disebut prestasi belajar.banyak sebab dan alas an yang membuat mahasiswa berhasil atau tidak berhasil dalam studinya. Salah satu diantaranya adalah kebiasaan belajar dan lingkungan belajar. Bertolak dari landasan inilah penelitian ini dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang kebiasaan belajar dan lingkungan belajar mahasisa program S1 PGSD guru SD kelompok belajar di kecamatan Kalasan Sleman Yogyakarta meningkat jumlah populasi tidak terlalu besar yaitu sebanyak 30 maka penelitian ini merupakan penelitian populasi. Penelitian ini diperoleh hasil bahwa tidak ada hubungan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar dan tidak ada hubungan antara lingkungan belajar dengan prestasi belajar mahasisa. Oleh karena itu disarankan perlu diadakan penelitian ulang, dengan instrument yang lebih detail dengan memperhatikan kelemahan-kelemahan yang ada agar bisa menghasilkan suatu generalisasi yang tepat.
Downloads
Published
2020-07-02
Issue
Section
Articles
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es