HUBUNGAN POLA ASUH KELUARGA MENURUT KAJIAN KAWRUH PAMOMONG KI AGENG SURYOMENTARAM DENGAN KARAKTER “SIH” PADA SISWA SD BALONG SEWON BANTUL YOGYAKARTA

Authors

  • Novika Diananingrum dan Dhiniaty Gularso UPY, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v5i2.308

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh keluarga menurut kajian kawruh pamomong Ki Ageng Suryomentaram dengan karakter “sih†pada siswa SD Balong Desa Timbulharjo Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian populasi artinya yaitu seluruh siswa yang berjumlah 195 orang dari kelas 1 - 6 SD Balong menjadi sampel. Siswa yang berasal dari Dusun Balong berjumlah 50 rang dan siswa yang berasal dari luar Dusun Balong berjumlah 145 orang. Tujuan pemilihan sampel populasi adalah untuk mengetahui apakah adakah perbedaan hubungan antara siswa yang berasal dari Dusun Balong dengan iswa yang berasal dari luar Dusun BalongTeknik pengumpulan data menggunakan angket. Angket pola asuh keluarga menurut Kajian Kawruh Pamomong Ki Ageng Suryomentaram terdiri atas 19 pertanyaan dengan tiga indikator utama yaitu bagaimana orang tua mengajarkan anak-anaknya tentang berpikir dan bertindak (1) benar, (2) kasih, dan (indah). Angket Karakter “sih†terdiri atas 69 pertanyaan. Angket berasal dari 7 indikator d dari 18 indikator Kemdikbud yang masuk pada karakteristik “sih†menurut Ki Ageng Suryomentaram yaitu (1) toleransi, (2) bersahabat/komunikatif, (3) cinta tanah air, (4) menghargai, (5) cinta damai, (6) peduli lingkungan, (7), peduli sosial. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh keluarga menurut kajian kawruh pamomong Ki Ageng Suryomentaram dengan karakter “Sih†pada siswa seluruh siswa SD Balong Sewon Bantul yang berjumlah 195 orang. Hal ini dibuktikan dengan nilai r pearson sebesar 0,204 dan nilai uji signifikan sebesar 0,004 (significance value less than 0,05). Hasil yang berbeda ditunjukkan pada 50 siswa yang berasal dari Dusun Balong yaitu terdapat hubungan positif tetapi tidak signifikan antara pola asuh keluarga menurut kajian kawruh pamomong Ki Ageng Suryomentaram dengan karakter “Sihâ€. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien r sebesar 0,193 dengan nilai uji signifkansi sebesar 0,180 (significance value more than 0,05). Temuan penelitian ini mengindikasikan bahwa orang tua yang mengajarkan kepada anak-anaknya menggunakan ajaran Kawruh Pamomong Ki Ageng Suryomentaram akan berhubungan positif meskipun tidak kuat terhadap pembentukan karakter “sih†dalam skala wilayah yang luas, meskipun pada skala sempit ditemukan memiliki hubungan yang tidak signifikan. Simpulan penelitian ini Kawruh pamomong Ki Ageng Suryomentaram dapat memberikan kontribusi walaupun sedikit kepada pembentukan karakter siswa SD pada skala wilayah yang lebih luas. Penelitian ini dapat dilanjutkan dengan lebih mendalam seperti misalnya penelitian kualitatif mengapa terjadi hubungan yang tidak terlalu kuat atau mengapa hubungan yang terjadi tidak signifikan pada cakupan wilayah yang sempit.
Kata Kunci: Pola asuh keluarga, karakter “sihâ€, Kajian Kawruh Pamomong Ki Ageng Suryomentaram.
Abstract
This study aims to determine the relationship of family parenting according to the study kawruh pamomong Ki Ageng Suryomentaram with the character "sih" in elementary students Balong Timbulharjo Village District Sewon Bantul District Special Region of Yogyakarta. This research is population research which means that all students, amounting to 195 people from grade 1 - 6 SD Balong become sample. Students from Balong Hamlet numbered 50 rang and students from outside Balong Hamlet totaled 145 people. The purpose of selecting population samples is to find out whether there is any difference in the relationship between students coming from Balong hamlet with the ladies coming from outside Balong VillageTeknik data collection using questionnaire. Questionnaire of family care pattern according to Kawruh Pamomong Ki Ageng Suryomentaram Study consists of 19 questions with three main indicators that is how parents teach their children about thinking and acting (1) right, (2) love, and (beautiful). Questionnaire The "hell" character consists of 69 questions. Questionnaire comes from 7 indicators d of 18 Kemdikbud indicators that enter the characteristics of "hell" according to Ki Ageng Suryomentaram namely (1) tolerance, (2) friendly / communicative, (3) love the homeland, (4) appreciate, (5) love peace, (6) care for the environment, (7), social care. Data analysis technique using product moment correlation. The results of this study indicate that there is a positive and significant relationship between the pattern of family care according to study kawruh pamomong Ki Ageng Suryomentaram with the character "Sih" on the students of Balong Sewon Bantul elementary school, amounting to 195 people. This is evidenced by the value of pearson r of 0.204 and a significant test value of 0.004 (significance value less than 0.05). Different results are shown in 50 students from Balong Hamlet that there is a positive but not significant relationship between the pattern of family care according to kamruh pamomong Ki Ageng Suryomentaram study with the character "Sih". This is indicated by the value of coefficient r of 0.193 with a value of significance test of 0.180 (significance value more than 0.05). The findings of this study indicate that parents who teach their children using Kawruh Pamomong Ki Ageng Suryomentaram's teachings will be positively related although not strong against the formation of "hell" characters on a large-scale area, although on a narrow scale found to have an insignificant relationship. The conclusion of this research Kawruh pamomong Ki Ageng Suryomentaram can contribute even a little to the formation of character of elementary school students on a wider area scale. This study can be continued in more depth, such as qualitative research, as to why there is not a strong relationship or why the relationship is not significant in the narrow range of territory.
Keywords: Family care pattern, character “sihâ€, study Kawruh Pamomong Ki Ageng Suryomentaram

References

Durrant, J.E., (2014) Preventing Punitive Violence: Preliminary Data on the Positive Discipline in Everyday Parenting (PDEP) Program. Canadian Journal Of Community Vol 33 No 2 2014 pp 109 – 125 http://www.cjcmh.com.www.nrcresearchpress.com/doi/pdfplus/10.7870/cjcmh-2014-018

Essau, C.A., Sasagawa, S and Frick, P.J., (2006). Psychometric Properties of tha Alabama Parenting Questionare, Jornal of Child and Family Studies Vol 15 No 5 Oktober 2006 pp 597-616

Fitria Rahmawati, I Komang SudarmandanMade Sulastri.2014. Hubungan antara Pola AsuhOrangTua danKebiasaanBelajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SDKelasIV Semester GenapdiKecamatan Melaya-Jembrana. E-JournalMimbar PGSD UniversitasPendidikan Ganesha, Jurusan PGSD Vol: 2 No: 1.http://download.portalgaruda.org/article.php?article=145695&val=1342&title

Herien Puspitawati. 2010. Pengaruh Karakteristik Sosial Ekonomi Keluarga terhadap Pola Asuh Belajar Siswa Sekolah Dasar dan Menengah Pertama. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konseling, ISSN 1907 – 6037.

Linkona, T., (2013). Education for character: mendidik untuk membentuk karakter, bagaimana sekolah dapat mengajarkan sikap hormat dan tanggungjawab , Diterjemahkan oleh PT Bumi Aksara, Jakarta.

Nurhayati, R., Novitasari, D., dan Natalia (2013), Tipe PolaAsuh Orang Tua Yang Berhubungan Dengan Perilaku Bullying di SMA Kabupaten Semarang, Jurnal Keperawatan Jiwa Vol.1 No. 1 Mei 2013 pp 49-59

Meng C. 2012. Parenting goals and parenting styles among Taiwanese parents; the moderating role of child temperament. The New School Psychology Bulletin, Vol 9 No 2 pp 52-67.

Okvianti, Erlin (2016). Studi Kasus Perilaku Menyimpang Siswa Kelas 1 SD Negeri Ngemplak Nganti Sleman, Skripsi, Program Studi PGSD Fakulas Iilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta http://eprints.uny.ac.id/36146/1/Erlin%20Okvianti.pdf diunduh tanggal 23 April 2018 pukul 12.34 WIB

Raja, G.S (2017). Konsep Mulur Mungkret Dalam Pencapaian Kebahagiaan dalam Handbook Ilmu Kawruh Jiwa Suryomentaram: Riwayat dan Jalan Menuju Bahagia, Penerbit Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta pp 143-168

Republik Indonesia (2003). Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Rozemarijn van der Ploeg, et., all., (2017). Defending victims: What does it take to intervene in bullying and how is it rewarded by peers?, Jornal of School Psychology, Elsevier journal homepage: www.elsevier.com/locate/jschpsyc Vol 65 (2017) pp 1 – 10

Sari, Dian Komala dan Helmi, Avin Fadila. Faktor-Faktor Penyebab Perilaku Merokok Pada Remaja. Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada, http://www.avin.staff.ugm.ac.id/data/jurnal/perilakumerokok_avin.pdf diunduh pada 23 April 2018 pukul 14.14 WIB.

Stattin, H & Kerr, M (2000). Parental Monitoring: A Reinterpretatuon, Child Development Journal Vol 71 No 4 July/August 2000, pp 1072-1085

Sugiarto, R (2017). Ki Ageng Suryomentaram Dari Yogyakarta Untuk Dunia: Riwayat dan Jalan Penemuan Ilmu Kawruh Jiwa dalam Handbook Ilmu Kawruh Jiwa Suryomentaram: Riwayat dan Jalan Menuju Bahagia, Penerbit Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta pp 1-64

Sunarti, Euis (2004). Mengasuh Dengan Hati, Tantangan Yang Menyenangkan. Penerbit: PT. Elexmedia Komputindo, Jakarta.

Suryomentaram, G (1989). Kawruh Jiwa, Wejanganipun Ki Ageng Suryomentaram, Penerbit : CV Haji Masagung Jakarta

Tauchid, M., et. all., (2013) Ki Hadjar Dewantara: Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka, Buku I Pendidikan, Penerbit Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa. Yogyakarta

Wibowo, A dan Gunawan (2015). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah.Cetakan 1, Desember 2015. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Zamroni (2011). Dinamika Peningatan Mutu Cetakan Pertama Oktober 2011. Penerbit Gavin Kalam Utama, Yogyakarta

Downloads

Published

2019-08-13

Citation Check