HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GENTAN, NGAGLIK SLEMAN

Authors

  • Hardiman . UT, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v5i2.305

Abstract

Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran obyektif tentang hubungan masing-masing aspek kemampuan berpikir kreatif, yang meliputi aspek kelancaran,keluwesan,kerincian dan keaslian dengan prestasi belajar IPS siswa. Sedangkan metode yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah metode deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gentan, Ngaglik Sleman tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 56 orang. Setelah dilakukan seleksi berdasarkan criteria-kriteria yang ditentukan, terdapat 51 oramg yang menjadi subjek penelitian. Dari subjek penelitian tersebut diperoleh data kemampuan berpikir kelancaran,keluwesan,kerincian dan keaslian dengan prestasi belajar IPS siswa. Data pertama diperoleh dengan menggunakan alat tes kemampuan berpikir kreatif.sedangkan data kedua diperoleh dengan menggunakan format nilai prestasi belajar. Selanjutnya data tersebut diolah dengan menggunakan analisi statistic product moment untuk mengetahui derajat hubungan analisi regresi tnggal untuk mengetahui pengaruh masing-masing aspek terhadap prestasi belajar IPS.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan sekaligus pengaruh positif yang signifikan antara aspek kelancaran dengan prestasi belajar IPS (r= 0.3168); (2) terdapat hubungan sekaligus pengaruh positif yang signifikan antara aspek keluwesan dengan prestasi belajar IPS (r =0,2872);(3) terdapat hubungan sekaligus pengaruh positif yang signifikan antara aspek kerincian dengan prestasi belajar IPS (r = 0,3773);(4) terdapat hubungan sekaligus pengaruh positif yang signifikan antara aspek keaslian dengan prestasi belajar IPS 9r=0,3614).
Kata Kunci ; Kemampuan berpikir kreatif, Prestasi belajar IPS.
Abstract
The purpose of this study is to obtain an objective picture of the relationship of each aspect of the ability of creative thinking, which includes aspects of fluency, flexibility, detail and authenticity with student learning achievement IPS. While the method used to achieve the goal is a correlational descriptive method. The population of this study is the students of grade V SDN Gentan, Ngaglik Sleman academic year 2011/2012 which amounted to 56 people. After the selection based on the criteria specified, there are 51 oramg who become the subject of research. From the subjects of this study obtained data ability to think smoothness, flexibility, detail and authenticity with student learning achievement IPS. The first data is obtained by using the creative thinking ability test tool. While the second data is obtained using the learning achievement value format. Furthermore, the data is processed by using statistical analysis of product moment to determine the degree of relation of regression analysis tnggal to know the influence of each aspect of learning achievement IPS.Hasil this study indicates that (1) there is a relationship as well as a significant positive influence between the smoothness with the achievement of learning IPS (r = 0.3168); (2) there is a positive correlation as well as positive influence between flexibility aspect and IPS learning achievement (r = 0,2872), (3) there is relation as well as significant positive influence between detail aspect and IPS learning achievement (r = 0,3773); (4) there is a relationship as well as a significant positive influence between the aspect of authenticity with learning achievement IPS 9r = 0.3614).
Keywords ; Creative thinking ability, IPS learning achievement.

References

Atmojo, S. E., & Kurniawati, W. (2018). Model Pembelajaran Tematik Bervisi Science, Environment, Technology and Society Dalam Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 7(1).

Iman Sukirman. 1993. meningkatkan ilmu pengetahuan sosial (Makalah) Badung. Depdikbud provinsi Jawa barat

Moeslichatoen R. 1988. Peningkatan kreativitas pribadi. Malang

Roekhan. 1991. Menulis kreatif dasar petunjuk penerapannya. Malang

Sudjana Nana 1987. Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung. Sinar Baru

Downloads

Published

2019-08-13

Citation Check