STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS III SEKOLAH DASAR

Authors

  • Rahardiyono dan Yugara Pamekas UT, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v5i2.304

Abstract

Abstrak
Artikel ini ditulis berdasarkan penelitian bertujuan untuk mendiskripsikan strategi pembelajaran matematika di kelas tiga Sekolah Dasar. Metode pengumpulan data menggunakan pengamatan dan wawancara. Analisis data dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan teknik analisis perbandingan tetap. Tahap-tahap yang digunakan menganalisis data adalah: 1) membuat kategori (analisis domein), 2) integrasi kategori dan kawasannya, 3) pembatasan teori, dan 4) penulisan teori. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi dan auditing. Informan dalam penelitian ini adalah guru dan siswa Sekolah Dasar kelas 3 (tiga). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang dilakukan guru adalah sebagai berikut Pertama,cara guru mengurutkan pembelajaran matematika meliputi a) pendahuluan meliputi membuka pelajaran, membahas pekerjaan rumah, mengulang sekilas materi pelajaran yang telah dibahas pada pertemuan sebelumnya, dan menyiapkan media/alat peraga; b) penyajian meliputi menguraikan materi pelajaran, menggunakan media, memberi contoh soal, memberi soal latihan, dan mengaktifkan siswa dalam mengerjakan soal, membimbing siswa dalam mengerjakan soal, membahas soal latihan, dan memberi motivasi kepada siswa; dan c) penutup.Kedua, metode pembelajaran yang digunakan: a) metode ceramah, b) metode tanya jawab, c) metode pemberian tugas,dan d) metode demonstrasi.Ketiga, media pembelajaran yang digunakan adalah media/alat peraga yang diambil dari lingkungan sekitar. Berdasarkan temuan penelitian, diberikan saran-saran tentang strategi pembelajaran matematika di kelas tiga sekolah dasar sebagai berikut, cara mengurutkan kegiatan pembelajaran matematika cukup memadai, namun hendaknya para guru dalam mengajar mata pelajaran matematika dapat memilih metode pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi pelajaran yang dibahas. Hendaknya para guru memanfaatkan benda-benda kongkret yang ada di lingkungan kehidupan siswa sebagai media pembelajaran.
Kata kunci : Strategi, pembelajaran matematika di SD
Abstract
This article was written based on research aimed to describe the strategy of learning mathematics in third grade elementary school. Methods of data collection using observations and interviews. Data analysis was done using qualitative method with fixed comparison analysis technique. The stages used to analyze the data are: 1) create categories (domein analysis), 2) integration of categories and region, 3) theory restrictions, and 4) theoretical writing. Technique examination of data validity used is triangulation and auditing. Informants in this study are teachers and students of Primary School grade 3 (three). The result of the research indicates that the teacher's learning strategy is as follows: First, the way the teacher sort the learning of mathematics includes a) introduction includes opening lesson, discussing homework, repeating the lesson material that has been discussed in previous meeting, and preparing media / props; b) the presentation includes describing the subject matter, using the media, giving examples of problems, giving practice questions, and activating students in working on the problem, guiding students in doing the questions, discussing the exercises, and motivating the students; and c) cover. Second, the learning method used: a) lecture method, b) question and answer method, c) method of assignment, and d) demonstration method. Third, the instructional medium used is media / props taken from the environment around. Based on the research findings, given the suggestions about mathematics learning strategy in third grade elementary school as follows, how to sort the learning activity of mathematics enough enough, but should the teacher in teaching mathematics subject can choose the appropriate learning method according to subject matter discussed. Teachers should use concrete objects that exist in the environment of student life as a medium of learning.
Keywords: Strategy, learning mathematics in SD
*Alamat

References

Gagne, Robert M. and Briggs, Leslie J.(1979). Principle of Intructional Design. New York : Holt, Rinehart and Winston.

Hamalik, Oemar. (1994). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Trigenda Karya

Kemp, Jerrold E. (1994). Proses Perencanaan Pengajaran. Alih bahasa Asril Marjohan. Bandung : ITB

Moleong, L.J. (1994). Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Nasution S. (1995). Didaktik Azas-azas Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Rooijakkers. (1988). Mengajar dengan Sukses. Jakarta: PT Gramedia.

Ruseffendi, E.T. (1989). Dasar-dasar Matematika Modern dan Komputer Untuk Guru. Bandung : Tarsito.

Soedjana W. (1986). Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta : Karunika.

Suparman, Atwi. (1993). Desain Instruksional. Jakarta : Depdikbud

Syah, Muhibbin. (1995). Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2019-08-13

Citation Check