DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN KARTU KUARTET UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKN DAN NASIONALISME SISWA KELAS IV

Authors

  • Rujiani . SD, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v6i2.274

Abstract

Abstrak

Kurang kondusifnya proses pembelajaran membuat siswa kesulitan memahami materi sehingga berdampak pada hasil belajar yang tidak maksimal, dan kurangnya nasionalisme pada siswa kelas IV SDN Tlogowungu 02 Pati. Perlunya model dan media pembelajaran yang tepat untuk mengatasi kesulitan tersebut, solusinya adalah Discovery Learning berbantuan kartu kuartet. Sintakmatik Discovery Learning membuat siswa aktif menyelesaikan permasalahan pembelajaran dengan berbantuan kartu kuartet yang berisikan 34 set kartu tentang keberagaman Indonesia. Discovery Learning berbantuan kartu kuartet dapat memperbaiki proses pembelajaran, meningkatkan hasil belajar dan nasionalisme pada siswa kelas IV. Penelitian dilaksanakan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan siklus berulang, setiap siklus memuat empat kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, pelaksanaan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Tlogowungu 02 yang berjumlah 11 siswa. Instrumen yang digunakan meliputi alat tes, observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian dengan Discovery Learning berbantuan kartu kuartet efektif dengan ditandai adanya perbaikan proses pembelajaran yang semakin kondusif, nasionalisme mengalami peningkatan dari 36% pada prasiklus, meningkat menjadi 73% pada siklus I, dan mencapai hasil maksimal 100% pada siklus II. Hasil belajar PPKnmengalami peningkatan pada siklus I dari 37% pada prasiklusmenjadi 73%, dan mencapai 91% pada siklus II.

Kata Kunci: Discovery Learning, kartu kuartet, hasil belajar, dan nasionalisme

 

Abstract

Less conducive to the learning process makes it difficult for students to understand the material so that it has an impact on learning outcomes that are not optimal, and the lack of nationalism in class IV SDN Tlogowungu 02 Pati. The need for appropriate learning models and media to overcome these difficulties, the solution is Discovery Learning assisted by quartet cards. Discovery Learning syntagmatic makes students actively solve learning problems assisted by quartet cards containing 34 sets of cards about Indonesia's diversity. Discovery Learning assisted by quartet cards can improve the learning process, improve learning outcomes and nationalism in fourth grade students. The research was carried out using a classroom action research design with repetitive cycles, each cycle containing four activities, namely planning, action, implementation, and reflection. The research subjects were fourth grade students of SDN Tlogowungu 02, totaling 11 students. The instruments used include tests, observations, journals, interviews, and documentation. Research with Discovery Learning is assisted by effective quartet cards with a marked improvement in the increasingly conducive learning process, nationalism has increased from 36% in pre-cycle, increased to 73% in the first cycle, and reached a maximum of 100% in cycle II. PPK learning outcomes have increased in the first cycle from 37% in pre-cycle to 73%, and reached 91% in cycle II.

Keywords: Discovery Learning, quartet cards, learning outcomes, and nationalism

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian “Suatu Pendekatan Praktikâ€. Jakarta: Rineka Cipta.

Karsono, dkk. 2014. Penggunaan Kartu Kuartet untuk Meningkatkan Pemahaman Keberagaman Seni Tradisi Nusantara pada Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar. Volume 1, Nomor 1. Halaman 43-49. Diunduh tanggal 22 September 2018 pukul 05.20 WIB.

Moleong, L. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyono, Julia, dan Dadang Kurnia. 2016. Penggunaan Media Kartu Kwartet untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Peninggalan Sejarah Hindu-Buddha di Indonesia dalam Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pena Ilmiah. Volume 1, Nomor 1. Diunduh 2 Desember 2018 pukul 18.03 WIB.

Ratnasari, M. (2017). Proses Penanaman Sikap Nasionalisme dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Kelas Tinggi SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an. Volume 3, Nomor 3, halaman 144-150. Diunduh tanggal 28 Januari 2019 pukul 08.24 WIB.

Setiyorini, Indah. 2013. Penggunaan Media Permainan Kartu Kuartet pada Mata Pelajaran IPS untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. JPGSD. Volume 01, Nomor 02. Halaman 1-10. Diunduh tanggal 2 Desember 2018 pukul 18.15 WIB.

Widyastuti, E. S. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Konsep Ilmu Ekonomi. Prosiding. Prosiding Seminar Nasional 9 Mei 2015 halaman 33-40. Diunduh tanggal 22 Januari 2019 pukul 08.31 WIB.

Downloads

Published

2019-07-10

Citation Check