PENGGUNAAN MEDIA KARTU DOMPER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI SUKOHARJO 01 MARGOREJO PATI

Authors

  • Jumi’ah Jumi’ah SD, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v4i2.175

Abstract

Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar PKn materi Peraturan Perundang-undangan bagi siswa kelas V SD Negeri Sukoharjo 01 Semester I Tahun Pelajaran 2015/2016 melalui penggunaan Kartu Domper. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Sukoharjo 01 pada tahun pelajaran 2015/2016 dengan subyek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 15 siswa terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, penggunaan Kartu Domper dapat meningkatkan aktivitas belajar PKN materi Peraturan Perundang-undangan bagi siswa kelas V SD Negeri Sukoharjo 01 pada semester 1 tahun pelajaran 2015/2016. Terbukti persentase jumlah siswa dalam kategori aktivitas belajar baik meningkat dari kondisi awal 53% menjadi 75% pada siklus I dan menjadi 87% pada siklus II atau pada kondisi akhir mengalami peningkatan sebesar 34% dari kondisi awal. Kedua, penggunaan Kartu Domper dapat meningkatkan hasil belajar PKN materi Peraturan Perundang-undangan bagi siswa kelas V SD Negeri Sukoharjo 01 pada semester 1 tahun pelajaran 2015/2016. Terbukti persentase ketuntasan belajar siswa meningkat dari kondisi awal 40% menjadi 53% pada siklus I dan menjadi 100% pada siklus II atau pada kondisi akhir mengalami peningkatan sebesar 60% dari kondisi awal.
Kata kunci: Kartu Domper, hasil belajar, aktivitas belajar, Pendidikan Kewarganegaraan, Peraturan Perundang-undangan.
Abstract
The purpose of this study is to determine the increase in activity and learning outcomes PKN Legislation regulation for students of class V SD Negeri Sukoharjo 01 Semester I Year Lesson 2015/2016 through the use of Domper Card. This research was conducted at SD Negeri Sukoharjo 01 in the academic year 2015/2016 with the subject of research is the V student of 15 students consisting of 6 male students and 9 female students. The method used is a classroom action research method consisting of two cycles. The results showed that: First, the use of Domper Card can improve the learning activity of PKN material of Legislation Regulation for the students of Grade V of SD Negeri Sukoharjo 01 in the first semester of academic year 2015/2016. It is proven that the percentage of students in the category of learning activities improved from the initial condition of 53% to 75% in cycle I and to 87% in cycle II or in the final condition increased by 34% from the initial condition. Secondly, the use of Domper Card can improve the learning outcomes of PKN material of Legislation for the students of grade V of SD Negeri Sukoharjo 01 in the first semester of the academic year 2015/2016. Evidently the percentage of students' learning mastery increased from the initial condition of 40% to 53% in cycle I and to 100% in cycle II or in the final condition increased by 60% from the initial conditions.
Keywords: Domper Card, Learning Outcomes, Learning Activities, Citizenship Education, Legislation.

Downloads

Published

2019-05-08

Citation Check