PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI CIRI KHUSUS HEWAN MELALUI METODE TER (TRIO EXCHANGE ROTATING) KELAS VI SDN 4 NGRAHO KEDUNGTUBAN BLORA
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1611Keywords:
Kreativitas, Hasil belajar, TER (Trio Exchange Rotating)Abstract
Abstrak
Dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh peneliti pada siswa kelas VI SDN 4 Ngraho, peneliti menemukan masalah-masalah yang menyebab sulitnya siswa dalam menerima materi yang disampaikan oleh peneliti. Berdasarkan identifikasi masalah yang telah diuraikan sebelumnya, maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah sebagai berikut: Bagaimanakah penggunaan metode pembelajaran TER (Trio Exchange Rotating) dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar IPA materi ciri khusus hewan kelas VI SDN 4 Ngraho? Langkah-langkah penerapan metode TER (Trio Exchange Rotating). Metode TER (Trio Exchange Rotating) dalam hal ini di bentuk tiga orang, yang diberi nomer 0,1,2. Mereka diberi pertanyaan yang sama untuk didiskusikan. Setelah selesai permasalahanya, anggota kelompok dirotasi. Nomor nol tetap ditempat sedangkan nomer 1 pindah searah jarum jam dan nomer 2 kearah sebaliknya, sehingga akan terbentuk trio yang baru atau bercampur dengan anggota kelompok lain. Kemudian diberi permasalahan baru lagi dengan persoalan yang lebih sulit. Melalui metode TER (Trio Exchange Rotating) dapat meningkatkan kreativitas belajar IPA materi ciri khusus hewan bagi siswa kelas VI SDN 4 Ngraho. Pada kodisi awal kreativitas belajar siswa sebagai berikut: Baik Persentase 23%, sedang 15% dan kurang 62% meningkat pada siklus II menjadi baik Persentase 77%, sedang 8% dan kurang 15%. Melalui metode TER (Trio Exchange Rotating)Â dapat meningkantkan hasil belajar IPA materi ciri khusus hewan bagi siswa kelas VI SDN 4 Ngraho dari kondisi awal hasil tes formatif adalah sebagai berikut : Ketuntasan 38% belum tuntas 62% meningkat pada siklus II menjadi tuntas 85% dan belum tuntas 15%.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es