KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI PENJUMLAHAN DI KELAS 3 SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1610Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasikemampuan menyelesaikan soal cerita pada materi penjumlahan di kelas 3 SD N Rejosari 02 Semarang.(2) mengindentifikasi kendala siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi penjumlahan di kelas 3 SD N Rejosari 02 Semarang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes dan wawancara.Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan menyelesaikan soal cerita dan pedoman wawancara.Tes kemampuan menyelesaikan soal cerita yang digunakan berupa soal uraian yang terdiri dari 5 soal.Analisis data yang digunakan adalah triangulasi teknik.Hasil penelitian 1 yaitu dari 28 siswa kemampuan menyelesaikan soal cerita pada materi penjumlahan di kelas 3 SD N Rejosari 02 Semarang diperoleh 57,14% berkemampuan rendah, 28,57% berkemampuan sedang, dan 14,29% berkemampuan tinggi.Hasil penelitian 2 yaitu kendala siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi penjumlahan di kelas 3 SD N Rejosari 02 Semarang disebabkan oleh faktor internal dari minat belajar siswa, faktor eksternal dari guru, teman dan peran orang tua.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es