KEEFEKTIFAN MEDIA KARTU HURUF JAWA BAGI PENINGKATAN KOMPETENSI MENULIS KALIMAT SEDERHANA SISWA KELAS V SD NEGERI GETAS 2 DEMAK
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1607Keywords:
media kartu huruf Jawa, peningkatan kompetensi menulisAbstract
Tujuan yang hendak dicapai adalah untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran kartu huruf Jawa bagi peningkatan kompetensi menulis kalimat sederhana siswa kelas V SD Negeri Getas 2 Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian quasi-eksperimental designs. Analisis data yang digunakan diantaranya uji normalitas, uji banding, dan uji ketuntasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Hasil penelitian uji-T diperoleh thitung 17,30> ttabel 1,70 dengan taraf signifikansi sebesar 0,05 , maka Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik materi aksara Jawa menggunakan pasangan sebelum dan sesudah menggunakan media Kartu Huruf Jawa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tes rata-rata hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media kartu huruf Jawa adalah 77,85 lebih baik dibanding rata-rata hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan media kartu huruf Jawa yaitu 54,77. Nilai ratarata hasil belajar peserta didik menggunakan media kartu huruf Jawa melampaui KKM yaitu 70 dengan proporsi peserta didik yang tuntas 89%.Â
References
Aningsih, Anisa Triasni. 2019. Pengaruh Pembelajaran Circ
Dengan Media Purawa (Puzzle Aksara Jawa) Terhadap Keterampilan Menulis Aksara Jawa pada Siswa Kelas IV di SDN Medari
Ngadirejo Temanggung Tahun Ajaran
/2019.Skripsi. Universitas Muhammadiyah Magelang.
Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Chaer, Abdul. 2006. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Darusuprapta, dkk. 2002. Pedoman Penulisan Aksara Jawa. Yogyakarta: Yayasan Pustaka Nusatama.
Depdiknas. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas
Ikhwanti, Dina dkk. 2012.
Flanacaraka:Modifikasi Kain
Flanel menjadi Media Menulis Huruf Jawa bagi
Siswa Sekolah Dasar. PKMP: Universitas Negeri Semarang.
Putri, Anggun Kirana. 2016. Penggunaan Media Kartu Huruf dalam Peningkatan
Kemampuan Membaca
Aksara Jawa pada Siswa Kelas V SDN 2 Lundong Tahun Ajaran 2015/2016. Prodising Seminar Nasional.
Ria, Heru Subrata. 2018. Efektivitas Penggunaan Kartu Pintar Jawa (Kapija) dalam
Keterampilan Menulis Aksara Jawa. Universitas Negeri Surabaya.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Bandung: Alfabeta.
Sundayana, Rostina. 2013. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematikauntuk Guru, Calon Guru, Orang Tua, dan Para Pecinta Matematika. Bandung: Alfabet.
Suprijono, Agus. 2012. Coopertive Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka
Peajar.
Suriamiharja, dkk. 1997. Petunjuk Menulis Praktis.Jakarta : Depdikbud.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Tarigan, Henry Guntur. 1986. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.
Bandung: Angkasa.
Trianto.2011.Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. . Jakarta: Prestasi Pustaka.
Widyaningsih, Nina. 2012. Kalimat dalam Bahas Indonesia. Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es