KEEFEKTIFAN MEDIA KARTU HURUF JAWA BAGI PENINGKATAN KOMPETENSI MENULIS KALIMAT SEDERHANA SISWA KELAS V SD NEGERI GETAS 2 DEMAK

Authors

  • Ayu Putri Puspitasari Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Suyitno Y.P Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Qoriati Mushafanah Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1607

Keywords:

media kartu huruf Jawa, peningkatan kompetensi menulis

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai adalah untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran kartu huruf Jawa bagi peningkatan kompetensi menulis kalimat sederhana siswa kelas V SD Negeri Getas 2 Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian quasi-eksperimental designs. Analisis data yang digunakan diantaranya uji normalitas, uji banding, dan uji ketuntasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Hasil penelitian uji-T diperoleh thitung 17,30> ttabel 1,70 dengan taraf signifikansi sebesar 0,05 , maka Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik  materi aksara Jawa menggunakan pasangan sebelum dan sesudah menggunakan media Kartu Huruf Jawa.Hasil penelitian  menunjukkan bahwa tes rata-rata hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media kartu huruf Jawa adalah 77,85 lebih baik dibanding rata-rata hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan media kartu huruf Jawa yaitu 54,77. Nilai ratarata hasil belajar peserta didik menggunakan media kartu huruf Jawa melampaui KKM yaitu 70 dengan proporsi peserta didik yang tuntas 89%. 

References

Aningsih, Anisa Triasni. 2019. Pengaruh Pembelajaran Circ

Dengan Media Purawa (Puzzle Aksara Jawa) Terhadap Keterampilan Menulis Aksara Jawa pada Siswa Kelas IV di SDN Medari

Ngadirejo Temanggung Tahun Ajaran

/2019.Skripsi. Universitas Muhammadiyah Magelang.

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Chaer, Abdul. 2006. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Darusuprapta, dkk. 2002. Pedoman Penulisan Aksara Jawa. Yogyakarta: Yayasan Pustaka Nusatama.

Depdiknas. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas

Ikhwanti, Dina dkk. 2012.

Flanacaraka:Modifikasi Kain

Flanel menjadi Media Menulis Huruf Jawa bagi

Siswa Sekolah Dasar. PKMP: Universitas Negeri Semarang.

Putri, Anggun Kirana. 2016. Penggunaan Media Kartu Huruf dalam Peningkatan

Kemampuan Membaca

Aksara Jawa pada Siswa Kelas V SDN 2 Lundong Tahun Ajaran 2015/2016. Prodising Seminar Nasional.

Ria, Heru Subrata. 2018. Efektivitas Penggunaan Kartu Pintar Jawa (Kapija) dalam

Keterampilan Menulis Aksara Jawa. Universitas Negeri Surabaya.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, Rostina. 2013. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematikauntuk Guru, Calon Guru, Orang Tua, dan Para Pecinta Matematika. Bandung: Alfabet.

Suprijono, Agus. 2012. Coopertive Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka

Peajar.

Suriamiharja, dkk. 1997. Petunjuk Menulis Praktis.Jakarta : Depdikbud.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Tarigan, Henry Guntur. 1986. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.

Bandung: Angkasa.

Trianto.2011.Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. . Jakarta: Prestasi Pustaka.

Widyaningsih, Nina. 2012. Kalimat dalam Bahas Indonesia. Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Downloads

Published

2021-07-08

Citation Check