PERHATIAN ORANG TUA DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SDIT BAITUSSALAM, KABUPATEN BOGOR

Authors

  • Nurjannah Sulistia Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia
  • Erwin Erwin Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1505

Keywords:

Perhatian Orang Tua, Persepsi, Proses Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan persepsi siswa terhadap perhatian orang tua dalam proses pembelajaran siswa. Penelitian ini dilakukan di SDIT Baitussalam, Kabupaten Bogor. Metode yang dipilih dalam penelitian yaitus kuantitatif deskriptif dari data yang diperoleh dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan kuesioner. Sampel dalam penelitian merupakan siswa kelas IV SDIT Baitussalam, Kabupaten Bogor yang ditentukan secara sampling total (sampel jenuh) sebanyak 54 siswa. Instrument penelitian yang digunakan berupa kuesioner perhatian orang tua sejumlah 16 soal dengan 5 skala penilaian (likert). Teknik untuk analisis yang dipilih yaitu analisis deskriptif kuantitatif dibantu program IBM Statistik SPSS 25. Untuk menentukan hasil dari penelitian menggunakan kriteria presentase dan kategori tingkat hubungan. Setelah hasil penelitian didapatkan, lalu diolah menghasilakan skor teoritik 2.950 dan skor kriterium adalah 4.320, maka skor perhatian orang tua adalah 68,29%, sehingga dapat disimpulkan bahwa perhatian orang tua dalam proses pembelajaran IPA siswa kelas IV SDIT Baitussalam, Kabupaten Bogor termasuk dalam kategori rendah.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Pendidikan Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ashari, B. H., Wibawa, B. M., & Persada, S. F. (2017). Analisis deskriptif dan tabulasi silang pada konsumen online shop di instagram (Studi kasus 6 universitas di kota Surabaya). Jurnal Sains Dan Seni ITS, 6(1), D12–D16.

Basuki, A. T., & Prawoto, N. (2016). Analisis Regresi dalam Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Depok: Raja Grafindo Persada.

Djunaidi, M. (2019). Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Akhlak Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 3 Lembang Kabupaten Pinrang. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam, 17(1), 57–70.

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, 11(1), 85–99.

Hazmi, N. (2019). Tugas Guru dalam Proses Pembelajaran. JOEAI: Journal of Education and Instruction, 2(1), 56–65.

Noyita, E. (2020). Pengaruh Perhatian Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Siswa.

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Ramsia, R., & Reni, W. O. (2017). PERHATIAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA (STUDI DI DESA LAKAPERA KECAMATAN GU KABUPATEN BUTON TENGAH. SELAMI, 2(46).

Sugiyono, D. (2019). Statistika untuk Penelitian (Cetakan ke-30). In Bandung: CV ALFABETA.

Downloads

Published

2021-07-08

Citation Check