Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Di Kelas II SDN Lumpang 01

Authors

  • Siti Marwah Apriliana Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka, Indonesia
  • Wati Sukmawati Universitas Muhammadiyah Prod Dr Hamka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1504

Keywords:

Pembelajaran Daring, Efektivitas Pembelajaran, dan Minat Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang respon siswa terhadap efektivitas pembelajaran daring pada minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif assosiatif, dan data yang diperoleh peneliti didapatkan melalui teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui Google Form. Proses belajar mengajar pada penelitian ini dilaksanakan secara daring. Pembelajaran daring yang berjalan dengan efektif telah menarik minat belajar siswa selama kegiatan belajar berlangsung. Responden pada penelitian deskriptif kuantitatif ini ialah siswa kelas II yang berjumlah 31 siswa yang dipilih secara random sampel Berdasarkan pada data yang telah dikumpulkan menunjukkan kategori respon yang sangat baik telah diberikan siswa terhadap efektivitas pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa dengan rata-rata sebesar 7,17. Pemilihan media yang tepat dan keinginan untuk mendapatkan nilai dan pengetahuan menjadi fakor penunjang siswa memberikan respon yang baik. Serta tingkat keaktifan dan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran daring berlangsung menjadi tolak ukur yang menarik minat belajar siswa khusunya pada mata pelajaran IPA.

Author Biographies

Siti Marwah Apriliana, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka

Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

FKIP UHAMKA

Wati Sukmawati, Universitas Muhammadiyah Prod Dr Hamka

Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

FKIP UHAMKA

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. 2nd ed. Jakarta: Bumi Aksara.

Dyah Anungrat Herzamzam. 2018. “Peningkatkan Minat Belajar Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik (Pmr) Pada Siswa Sekolah Dasar.†Visipena Journal 9(1):67–80. doi: 10.46244/visipena.v9i1.430.

Firyal, Rifa Afiva. 2020. “Pembelajaran Daring Dan Kebijakan New Normal Pemerintah.†LawArXiv Papers 1–7.

Mahendra, Irfan. 2015. “Analisa Penerimaan Pengguna Sistem Inforasi Koperasi Pada Koperasi Karyawan Budi Setia Jakarta Dengan Technologi Acceptance Model.†Jurnal Pilar Nusa Mandiri XI(1):70–80.

Nurbaeti, R. U. 2020. “Pengembangan Modul Praktikum IPA Berbasis Kurikulum 2013 Untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar.†Jurnal Elementaria Edukasia 3(1):109–16.

Rohmawati, Afifatu. 2015. “Efektivitas Pembelajaran.†Jurnal Pendidikan Usia Dini 9(1):15–32.

Sobron, A. .., Bayu, Rani, and Meidawati S. 2019. “Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar Abstrak.†Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship 1(1):1–5.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. 23rd ed. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. 28th ed. Bandung: Alfabeta.

Sumantri, Mohammad Syarif. 2016. Model Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar. Jakarta: Rajawali Pers.

Syarifudin, Albitar Septian. 2020. “Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing.†Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua 5(1):31–34. doi: 10.21107/metalingua.v5i1.7072.

Yuliati, Yuyu. 2017. “Literasi Sains Dalam Pembelajaran Ipa.†Jurnal Cakrawala Pendas 3(2):21–28. doi: 10.31949/jcp.v3i2.592.

Yunitasari, Ria, and Umi Hanifah. 2020. “Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Masa COVID 19.†Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 2(3):236–40.

Downloads

Published

2021-07-08

Citation Check