Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Di Kelas II SDN Lumpang 01
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1504Keywords:
Pembelajaran Daring, Efektivitas Pembelajaran, dan Minat BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang respon siswa terhadap efektivitas pembelajaran daring pada minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif assosiatif, dan data yang diperoleh peneliti didapatkan melalui teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui Google Form. Proses belajar mengajar pada penelitian ini dilaksanakan secara daring. Pembelajaran daring yang berjalan dengan efektif telah menarik minat belajar siswa selama kegiatan belajar berlangsung. Responden pada penelitian deskriptif kuantitatif ini ialah siswa kelas II yang berjumlah 31 siswa yang dipilih secara random sampel Berdasarkan pada data yang telah dikumpulkan menunjukkan kategori respon yang sangat baik telah diberikan siswa terhadap efektivitas pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa dengan rata-rata sebesar 7,17. Pemilihan media yang tepat dan keinginan untuk mendapatkan nilai dan pengetahuan menjadi fakor penunjang siswa memberikan respon yang baik. Serta tingkat keaktifan dan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran daring berlangsung menjadi tolak ukur yang menarik minat belajar siswa khusunya pada mata pelajaran IPA.
References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. 2nd ed. Jakarta: Bumi Aksara.
Dyah Anungrat Herzamzam. 2018. “Peningkatkan Minat Belajar Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik (Pmr) Pada Siswa Sekolah Dasar.†Visipena Journal 9(1):67–80. doi: 10.46244/visipena.v9i1.430.
Firyal, Rifa Afiva. 2020. “Pembelajaran Daring Dan Kebijakan New Normal Pemerintah.†LawArXiv Papers 1–7.
Mahendra, Irfan. 2015. “Analisa Penerimaan Pengguna Sistem Inforasi Koperasi Pada Koperasi Karyawan Budi Setia Jakarta Dengan Technologi Acceptance Model.†Jurnal Pilar Nusa Mandiri XI(1):70–80.
Nurbaeti, R. U. 2020. “Pengembangan Modul Praktikum IPA Berbasis Kurikulum 2013 Untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar.†Jurnal Elementaria Edukasia 3(1):109–16.
Rohmawati, Afifatu. 2015. “Efektivitas Pembelajaran.†Jurnal Pendidikan Usia Dini 9(1):15–32.
Sobron, A. .., Bayu, Rani, and Meidawati S. 2019. “Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar Abstrak.†Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship 1(1):1–5.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. 23rd ed. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. 28th ed. Bandung: Alfabeta.
Sumantri, Mohammad Syarif. 2016. Model Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar. Jakarta: Rajawali Pers.
Syarifudin, Albitar Septian. 2020. “Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing.†Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua 5(1):31–34. doi: 10.21107/metalingua.v5i1.7072.
Yuliati, Yuyu. 2017. “Literasi Sains Dalam Pembelajaran Ipa.†Jurnal Cakrawala Pendas 3(2):21–28. doi: 10.31949/jcp.v3i2.592.
Yunitasari, Ria, and Umi Hanifah. 2020. “Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Masa COVID 19.†Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 2(3):236–40.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es