Media Powtoon Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1468Keywords:
media pembelajaran, powtoon, motivasi belajar,Abstract
Teknologi dalam dunia pendidikan berkembang sangat cepat, guru di tuntut bisa memanfaatkan ragam media dalam pembelajaran daring. Di SDN Kebonalas sudah menerapkan pembelajaran online dengan media whatsapp, tetapi perlu ada media alternative lain yang membuat siswa tidak cepat bosan. Media powtoon salah alternative yang bisa digunakan dalam pembelajaran online yang dapat memotivasi siswa karena didalamnya berisi video animasi. Penelitian tindakan kelas, dengan tehnik Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan kualitatif diskriptif. Hasil penelitian dan pembahasan sebagai berikut: 1). penggunaan powtoon dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN Kebonalas, 2). Penggunaan media powtoon meningkatkan motivasi belajar sekaligus meningkatkan hasil belajar siswa di SDN Kebonalas pada tiap siklus dari  72,88 menjadi 89,90.
Â
References
Anggraini, S., Siswanto, J., & Sukamto. (2019). Analisis Dampak Pemberian Reward And Punishment Bagi Siswa SD Negeri Kaliwiru Semarang. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha Vol 7 No 3.
Arianti, A. (2019). Arianti. 2017. Urgensi Lingkungan Belajar Kondusif Mendorong Siswa Aktif. Didaktika Jurnal Kependidikan. Vol 11 No 1.
Deliviana, E. (2017). Aplikasi PowToon Sebagai Media Pembelajaran : Manfaat dan Problematikanya. Journal of Chemical Information and Modeling.
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, Vol. 5 No. 2.
Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. Bumi Aksara
Maryam, M. (2016). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Journal Vol 4 No 2.
Mussardo, G. (2019). Penggunaan Media Animasi Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Galing. Statistical Field Theor Vol 2 No 11.
Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru Dalam Memotivasi Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, Vol 5 No 2.
Riza, M. F., & Masykur, A. M. (2015). Kedisiplinan pada siswa kelas VIII reguler MtsN Nganjuk. Jurnal Empati Volume 4(2).
Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas: Solusi Alternatif Problemtika Pembelajaran. Edunomika Vol. 02, No. 01.
Trinova, Z. 2012. Hakikat Belajar dan Bermain Menyenangkan Bagi Peserta Didik. Jurnal Al-Ta’lim, Jilid 1, Nomor 3
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es