Media Powtoon Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Suyanti Suyanti Universitas PGRI Madiun, Indonesia
  • Maya Kartika Sari Universitas PGRI Madiun, Indonesia
  • Vivi Rulviana Universitas PGRI Madiun, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1468

Keywords:

media pembelajaran, powtoon, motivasi belajar,

Abstract

Teknologi dalam dunia pendidikan berkembang sangat cepat, guru di tuntut bisa memanfaatkan ragam media dalam pembelajaran daring. Di SDN Kebonalas sudah menerapkan pembelajaran online dengan media whatsapp, tetapi perlu ada media alternative lain yang membuat siswa tidak cepat bosan. Media powtoon salah alternative yang bisa digunakan dalam pembelajaran online yang dapat memotivasi siswa karena didalamnya berisi video animasi.  Penelitian tindakan kelas, dengan tehnik Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan kualitatif diskriptif. Hasil penelitian dan pembahasan sebagai berikut: 1). penggunaan powtoon dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN Kebonalas, 2). Penggunaan media powtoon meningkatkan motivasi belajar sekaligus meningkatkan hasil belajar siswa di SDN Kebonalas pada tiap siklus dari  72,88 menjadi 89,90.

 

References

Anggraini, S., Siswanto, J., & Sukamto. (2019). Analisis Dampak Pemberian Reward And Punishment Bagi Siswa SD Negeri Kaliwiru Semarang. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha Vol 7 No 3.

Arianti, A. (2019). Arianti. 2017. Urgensi Lingkungan Belajar Kondusif Mendorong Siswa Aktif. Didaktika Jurnal Kependidikan. Vol 11 No 1.

Deliviana, E. (2017). Aplikasi PowToon Sebagai Media Pembelajaran : Manfaat dan Problematikanya. Journal of Chemical Information and Modeling.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, Vol. 5 No. 2.

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. Bumi Aksara

Maryam, M. (2016). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Journal Vol 4 No 2.

Mussardo, G. (2019). Penggunaan Media Animasi Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Galing. Statistical Field Theor Vol 2 No 11.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru Dalam Memotivasi Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, Vol 5 No 2.

Riza, M. F., & Masykur, A. M. (2015). Kedisiplinan pada siswa kelas VIII reguler MtsN Nganjuk. Jurnal Empati Volume 4(2).

Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas: Solusi Alternatif Problemtika Pembelajaran. Edunomika Vol. 02, No. 01.

Trinova, Z. 2012. Hakikat Belajar dan Bermain Menyenangkan Bagi Peserta Didik. Jurnal Al-Ta’lim, Jilid 1, Nomor 3

Downloads

Published

2021-07-08

Citation Check