KESULITAN GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SD NEGERI 38 KOTA BENGKULU SELAMA PEMBELAJARAN DARING

Authors

  • Astri Rahmawati PGSD UNIVERSITAS BENGKULU, Indonesia
  • Elta Al Pina PGSD UNIVERSITAS BENGKULU, Indonesia
  • Panut Setiono UNIVERSITAS BENGKULU, Indonesia
  • Nani Yuliantini UNIVERSITAS BENGKULU, Indonesia
  • Wurjinem Wurjinem UNIVERSITAS BENGKULU, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1398

Keywords:

Kendala, Pembelajaran Daring, Pandemi

Abstract

Abstrak

Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui kendala pembelajaran daring di SD Negeri 38 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data yang dilakukan secara observasi, wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala yang dialami guru selama pembelajaran daring yaitu sulitnya mencari strategi yang sesuai dengan pembelajaran daring, guru kurang menguasai penggunan teknologi dan hanya menggunakan aplikasi WhatsApp, cara penilaian (sikap, pengetahuan, keterampilan) yang kurang efektif, kurangnya fasilitas yang dimiliki siswa dalam mendukung pembelajaran daring, sering terjadinya gangguan koneksi internet sehingga menghambat dalam proses pembelajaran daring, kuota bantuan dari Kemendikbud yang tidak dapat digunakan, guru tidak bisa menilai secara langsung kelemahan dan kelebihan setiap siswa, tugas yang diberikan oleh guru kepada siswa kebanyakan dikerjakan oleh orang tua siswa.

Kata Kunci: Kendala, Pembelajaran Daring, Pandemi

 

Abstract

This research was conducted to determine the obstacles to online learning at SD Negeri 38 Bengkulu City. This type of research is descriptive qualitative. The data collection technique was done by observing, interviewing and documenting. Data analysis used in this research is data collection by observation, interviews. The results showed that the obstacles experienced by teachers during online learning were the difficulty of finding strategies that were suitable for online learning, teachers were not good at using technology and only used the WhatsApp application, ineffective methods of assessment (attitudes, knowledge, skills), lack of facilities owned by students. In supporting online learning, there are frequent internet connection disruptions that hinder the online learning process, the quota for assistance from the Ministry of Education and Culture cannot be used, the teacher cannot directly assess the weaknesses and strengths of each student, the tasks given by the teacher to students are mostly done by parents students.

Keywords: Constraints, Online Learning, Pandemic


 

 

Author Biographies

Astri Rahmawati, PGSD UNIVERSITAS BENGKULU

Yth. Dewan Editor Jurnal Elementary School

Mohon bisa diterbitkan artikel berikut.

Elta Al Pina, PGSD UNIVERSITAS BENGKULU

Yth. Dewan Editor Jurnal Elementary School

Mohon bisa diterbitkan artikel berikut.

Panut Setiono, UNIVERSITAS BENGKULU

PGSD UNIVERSITAS BENGKULU

Nani Yuliantini, UNIVERSITAS BENGKULU

PGSD UNIVERSITAS BENGKULU

Wurjinem Wurjinem, UNIVERSITAS BENGKULU

PGSD UNIVERSITAS BENGKULU

References

Anugerahana, Andri. 2020. Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 282-289.

Brier, J. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas II A MI Unggulan Miftahul Huda Tumang Cepogo Boyolali. 21(1), 1–9.

Byun, S., & Slavin, R. E. 2020. Educational Responses to the Covid-19 Outbreak in South Korea. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3652607

Carrillo, C., & Flores, M. A. 2020.Covid-19 and Teacher Education: A Literature review of online teaching and learning practices. European Journal of Teacher Education, 43(4), 466-487. https://doi.org/10.1080/02619768.2020.1821184

Endrayanto, H. Y., & Harumurti, Y. W. 2014. Penilaian Belajar Siswa di Sekolah. Yogyakarta: PT. Kanisius.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3),

Huang, R., Tlili, A., Chang, T. W., Zhang, X., Nascimbeni, F., & Burgos, D. 2020.Disrupted classes, undisrupted learning during Covid-19 outbreak in China: application of open educational practices and resources. Smart Learning Environments, 7(1). https://doi.org/10.1186/s40561-00125-8

Prastowo, A. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta: Diva Press.

Rigianti, Henry Aditia. 2020. Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah

Dasar Di Banjarnegara. Elemntary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-Sd-an, 7(2).

Rusman. 2017. Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujiwana, P. P. C. M., Pudjawan, K., & Margunayasa, I. G. 2015. Analisis Sikap Sosial Siswa Kelas V pada Pembelajaran dengan Kurikulum 2013. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1).

Trianto. 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Widoyoko, S. 2014. Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2021-07-08

Citation Check