PENGUATAN KARAKTER RELIGIUS BERBASIS BUDAYA SEKOLAH DI SD MUHAMMADIYAH 4 BATU

Authors

  • Moh Wahyu Kurniawan Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1393

Keywords:

Budaya Sekolah, Karakter Religius

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi penguatan karakter religius berbasis budaya sekolah di SD Muhammadiyah 4 Batu. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Prosedur penelitian menggunakan pra-penelitian, pelaksanaan dan analisis data. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan, reduksi dan penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian strategi penguatan karakter religious berbasis budaya sekolah di SD Muhammadiyah 4 Batu yaitu pertama, penanaman nilai karakter religius terintegrasi dalam kegiatan pembelajaran meliputi, sebelum dan sesudah pembelajaran melakukan berdoa besama; pada proses pembelajaran guru memberikan pesan pesan moral untuk membentuk karakter religius peserta didik; peserta didik diajak melakukan sholat berjama'a meliputi sholat dhuha dan dhuhur. Kedua, melalui habitulasi yaitu melalui pembiasaan kegiatan kokulikuler dan ektrakulikuler di sekolah

References

Akhsanulhaq, M, 2019. Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia. (Online) 2(1):22, (https://jurnal.umk.ac.id/) diakses 18 April 2021.

Amilosa, Putri. 2018. Pembinaan Karakter Religius Santri di Muhammadiyah Boarding School. Jurnal Basic Of Education, (Online), 2(2): 15, (http://journal.umpo.ac.id/), diakses 18 April 2021.

Anggraini, A.S.M. 2017. Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di SDN Kotagede 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ke-SDan, (Online), 3(3),152, (http://jurnal.ustjogja.ac.id/), diakses 18 April 2021.

Annur, Kurnianto. R, Rohmandi. 2018. Penerapan Karakter Religius Pada Peserta Didik di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo. Jurnal Tarbawi. (Online). 2(2):4, (http://eprints.umpo.ac.id/) diakses 18 April 2021.

Arifin. 2019. Penumbuhan Budi Pekerti Melalui Penguatan Budaya Sekolah di SMA Negeri 5 Kupang. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi. (Online). 6(1):1, (http://ejournal.stkipsiliwangi.ac.id/) diakses 18 April 2021.

Daryanto dan Suryatri Darmiyatun. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah (Bintoro, H, Ed). Yogyakarta: Dava Media. Dari iPusnas, (Online), (https://ipusnas.id/) diakses 18 April 2021.

Fathurrohman, M. 2016. Pengembangan Budaya Religius dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Ta’alum, (Online), 4(01):7, (http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/), diakses 18 April 2021.

Imran, dkk. 2017. Budaya Literasi Melalui Program GLS Dalam Menumbuhkembangkan Minat Baca Peserta didik SD Negeri Melayu. Jurnal Penelitian dan Penalaran. (Online), 4(1);701-711, (http://journal.unismuh.ac.id) diakses 18 April 2021.

Kamil, Gurniwan. 2015. Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Sosiologi. Jurnal Tingkap. (Online), 8(1):62,(http://ejournal.unp.ac.id/) diakses 18 April 2021.

Maryamah, Eva. 2016. Pengembangan Budaya Sekolah. Jurnal Tarbawi. (Online). 2(2): 92, (https://www.neliti.com/publications) diakses 18 April 2021

Nasirudin, 2010. Pendidikan Tasawuf. Semarang: Rasail Media Group.

Narimo dan Muhtar. 2020. Budaya Mengintegrasikan Karakter Religius Dalam Kegiatan Sekolah Dasar. Jurnal Varidika. (Online), 32(2):24 (www.journals.ums.ac.id) diakses 18 April 2021.

Oktari, P.D. Kokasih, Aceng. 2019. Pendidikan Karakter Religius dan Mandiri di Pesantren. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. (Online). 28(1):45, (https://ejournal.upi.edu/) diakses 18 April 2021.

Perdana, Rizky. 5 Maret 2021. Beredar Video Mesum Pasangan SD dan SMP di Tasikmalaya, Wagub Uu: Prihatin, tapi Jangan Saling Menyalahkan. prfmnews.id.

Riadi. 2018. Membangun Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah. Jurnal Al-Falah. (Online). 18(2):237, (https://ejurnal.staialfalahbjb.ac.id/) diakses 18 April 2021.

Santosa, A.W. 2014. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Membagun Kemandirian dan Disiplin Siswa Di MTsN Kanigoro Kras Kabupaten Kediri. Jurnal Didaktika Religia. (Online), 2(1):21-38 (www.jurnal.iainkediri.ac.id) diakses 18 April 2021.

Santosa, Budi. 2018. Penguatan Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler “Hisbul Wathanâ€. Jurnal Pendidikan Islam. 3(1):88, (www.journal.umpo.ac.id) diakses 18 April 2021.

Siregar. 2017. Nilai-Nilai Budaya Sekolah dalam Pembinaan Aktivitas Keagamaan Peserta didik di SD IT Bunayya Padangsidipuan. Jurnal Pusat Studi Gender dan Anak, (Online). 2(1):4, (Jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/) diakses 18 April 2021.

Sujarya, Abdullah. 18 Maret 2021. Tawuran Pelajar Pecah di Bantargebang 1 Orang Diamankan. iNews.id

Suparno. 2018. Analisis Faktor-Faktor Pembentuk Karakter Smart Peserta didik di Sekolah Islam Terpadu. Jurnal Pendidikan Karakter. (Online). 8(1):63, (https://journal.uny.ac.id/), diakses 18 April 2021.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (Online), (https://peraturan.bpk.go.id/,) diakses 18 April 2021.

Wibowo, A. 2012, Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

Yusuf, L.N, Sugandhi, S dan Nani M. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2021-07-08

Citation Check