META ANALISIS PEGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1313Keywords:
Discovery Learning, Hasil Belajar, IPA, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Kembali seberapa besar pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar IPA siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode meta analisis. Penelitian diawali dengan merumuskan masalah, kemudian menelusuri hasil penelitian yang relevan untuk dianalisis. Pengumpulan data dilakukan dengan menelususri jurnal elektronik melalui Google Cendekia dan studi dokumentasi perpustakaan. Dari hasil penelusuran diperoleh sumber data dari 6 jurnal dan 4 skripsi mahasiswa. Analisis data menggunakan cara deskriptif-kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan hasil bahwa model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar, dari hasil terendah sebesar 17% dan hasil tertinggi sebesar 48% dengan rata-rata sebesar 28,33%. Dari hasil perhitungan effect size didapatkan skor sebesar 3,09 dengan kategori tinggi.
References
Alviaturrohmaniyah. (2018). “Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Media Slide Power Point Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kopeng 03 Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2015/2016â€. Skripsi : Salatiga, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW.
Ayubi, Al Andri. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas 5 SD Negeri Bringin 03 Kabupaten Semarang Smester 2 Tahun Ajaran 2017/2018 . Skripsi : Salatiga, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW.
Bichar, A. K., Widodo, N., & Wiyanti, H. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Materi Perpindahan Energi Panas Menggunakan Model Discovery Learning Pada Kelas VB SDN Ngaglik 01 Kota Batu. Jurnal Basicedu, 3(1), 125-129.
Fitrianingtyas, A., & Radia, E. H. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Model Discovery Learning Siswa Kelas IV SDN Gedanganak 02. Jurnal Mitra Pendidikan, 1(6).
Indah Pertiwi, D. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Pada Mata Pelajaran IPA SDN 66 Kota Bengkulu (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU).
Kemendikbud. 2016. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standart Proses. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Kristin, F. (2016). Analisis model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 90-98.
Pamungkas, G. H., Harjono, N., & Airlanda, G. S. (2019). Peningkatan Proses dan Hasil Belajar IPA Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 dengan Model Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Basicedu, 3(1), 43-46.
Ritonga, R. (2017). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(02).
Setyaningsih, E., Dwiyanti, A. N., & Budiarti, W. N. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Model Discovery Learning Siswa Kelas V SD Negeri Slarang 01 Tahun 2019. JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar), 4(1).
Sispariyanto, E., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA Melalui Model Discovery Learning Di Kelas IV SD. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2).
Sobon, K. (2017). Implementation Of Discovery Learning Model To Improve Learning Result Of Natural Science At Fifth Grade Of SD N Lelang Banggai Subdistrict. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 1(2), 52-62.
Susanti, Lilis. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas 4 SD Negeri Genengmulyo 02 Smester I Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi : Salatiga, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW.
Trianto. 2012. Model-model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara: Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es