Optimalisasi Online Learning melalui Penugasan Mind Mapping untuk Meningkatkan Keterampilan Presentasi pada Mahasiswa STAI Darussalam Lampung

Authors

  • Laila Nursafitri Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darussalam Lampung, Indonesia
  • Arif Mahya Fanny Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1274

Abstract

Keterampilan presentasi merupakan keterampilan yang berkaitan dengan penyajian dan penyampaian kembali pengetahuan. Hal ini penting untuk dikuasai oleh mahasiswa kependidikan yang harus mampu menyampaikan kembali materi kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan presentasi mahasiswa melalui penugasan mind mapping dalam online learning. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas model Susman dengan langkah-langkah yaitu: (1) diagnosing (2) action planning, (3) taking action, (4) evaluating, (5) specifying learning. Subjek penelitian berjumlah 15 orang mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam STAI Darussalam Lampung. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi pembelajaran online, dokumentasi, dan catatan refleksi diri. Sedangkan analisis data menggunakan persentase dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penugasan mind mapping dalam pembelajaran online dapat meningkatkan keterampilan presentasi mahasiswa. Keterampilan presentasi dalam penelitian ini meliputi keterampilan menerjemahkan keterampilan menginterpretasi, dan keterampilan mengekstrapolasi.

References

nderson. 2008. The Theory and Practice Of Online Learning. Second Ed. Published by AU Press, Athabasca University.

Buzan, T., Griffiths, C., & Harrison, J., 2013. Modern Mind Mapping for Smarter Thinking. UK: Proactive Press.

Ekaputri, Dian N., et al. "Peningkatan Aktivitas Pembelajaran IPS Menggunakan Model Mind Maping di Sekolah Dasar." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan, vol. 6, no. 1, 24 Jan. 2017.

Fanny, A. M. (2019, March). Analysis Of Pedagogical Skills And Readiness Of Elementary School Teachers In Support Of The Implementation Of The 2013 Curriculum. In International Conference on Bussiness Law and Pedagogy (Vol. 1, No. 1, pp. 59-63).

Gömleksiz, M., & Fidan, E. 2013. The Effect of Computer Assisted Mind Mapping on Students’ Academic Achievement, Attitudes and Retention in Science and Technology Course. Gaziantep University Journal Of Social Sciences Vol 12, No. 3 pp. 403 – 426. https://doaj.org/article/1964178c0efa408bb3d505109cfe1044.

I Gusti Ayu Putu Dewi Paramita dan Evin Yudhi Setyono. 2017. Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Kemampuan Presentasi Lisan Mahasiswa Kelas VII A D4 Manajemen Proyek Konstruksi Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Bali. Soshum Jurnal Sosial dan Humaniora, vol. 7, no. 3.

Ika. 2020. Membedah Tantangan Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. https://ugm.ac.id/id/berita/19552-membedah-tantangan-pembelajaran-daring-di-tengah-pandemi-covid-19

Kacetl, J. & Semradova, I. 2020. Reflection on Blended Learning and E-Learning – Case Study. Proceedia Computer Sience. Volume 176, 2020, Pages 1322-1327. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.09.141

Kuswana, W (2014). Taksonomi Kognitif: Perkembangan Ragam Berpikir. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kusmaharti, D. (2020). Efektivitas Online Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2), 311-318.

Liu, Y., Tong, Y., & Yang, Y. 2018. The Application of Mind Mapping into College Computer Programming Teaching, Procedia Computer Science, Volume 129, 2018, Pages 66-70, https://doi.org/10.1016/j.procs.2018.03.047.

Mukmin, B. 2017. Pembelajaran Menggunakan Mind Mapping Berbasis Lesson Study dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Konsep Dasar IPA 2. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI. 2017;4(2):227-234 DOI 10.24235/al.ibtida.snj.v4i2.1725

Puspitasari, A. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Disertai Media Mind Mapping untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Ilmu Alamiah Dasar Mahasiswa Akuntansi Universitas Ahmad Dahlan. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika. 2016;3(1):19-22 DOI 10.12928/jrkpf.v3i1.4542

Putri, A., Susanti, R., & Dintarini, M. 2017. Penerapan Model Guided Discovery Learning dengan Mind Mapping untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Derivat Volume 4 No. 1 Juli 2017 (ISSN: 2407 - 3792). DOI: https://doi.org/10.31316/j.derivat.v4i1.160.

Rachmadtullah, R., Yustitia, V., Setiawan, B., Fanny, A. M., Pramulia, P., Susiloningsih, W., ... & Ardhian, T. (2020). The Challenge Of Elementary School Teachers To Encounter Superior Generation In The 4.0 Industrial Revolution: Study Literature. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(4), 1879-82.

Selvi, R. & Chandramohan, G. 2018. Case Study on Effective Use of Mind Map in Engineering Education. Proceedings - IEEE 9th International Conference on Technology for Education, T4E 2018. DOI: 10.1109/T4E.2018.00053

Vitantri, C. 2017. Integrasi Concise Learning Method dengan Mind Mapping dalam Pembelajaran Matematika di Perguruan Tinggi. Beta: Jurnal Tadris Matematika. 2017; 10 (2): 203-221. DOI 10.20414/betajtm.v10i2.110

Wijayanti, A., & Listiyani, L . 2019. Meningkatkan Motivasi Mahasiswa Calon Guru IPA melalui Cooperative Learning Tipe Take and Give Berbantuan Mind Mapping. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran). 2019; 3 (2): 165-179 DOI 10.31331/jipva.v3i2.969

Yusuf, A. 2015. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group

Downloads

Published

2021-07-08

Citation Check