Penerapan Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1265Keywords:
Metode Pembelajaran, CTL, Motivasi, BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penerapan metode pembelajaran CTL. Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 2 Selomarto semester I tahun pelajaran 2018/2019. Instrumen penelitian ini yaitu angket dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi pra siklus hanya 13% siswa yang memiliki motivasi belajar yang tinggi sehingga dilakukan upaya peningkatan motivasi belajar pada siklus I menggunakan metode pembelajaran CTL. Hasil tindakan siklus I menunjukkan bahwa baru 74% siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi sehingga masih perlu diberi tindakan pada siklus II. Sementara pada siklus II sudah 100% siswa yang menunjukkan motivasi belajar yang tinggi. Hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa.
Â
Kata Kunci : Metode Pembelajaran, CTL, Motivasi, BelajarReferences
Angganing, P. (2016). Pengaruh Metode Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Pkn Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN II Tameng Giriwoyo. Elementary School, 3(1), 227–232. http://www.elsevier.com/locate/scp
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Ginting, M. (2016). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Di Kelas Iv Sd Negeri 060948 Medan Labuhan. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 5(1), 13–21. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v5i1.4157
Irmalia, A. S. (2001). Motivasi Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Berpengaruh: Sebuah Kajian Pada Interaksi Pembelajaran Mahasiswa. Jurnal Mahasiswa, 1, 100–109.
Khoirudin, M. (2019). Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mendeskripsikan Nilai Juang Pancasila Sebagai Dasar Negara Pada Siswa Kelas Vi SDN I Guwotirto Tahun Pelajaran 2013/2014. Elementary School, 6(2), 190–195.
Lestari, A. A., Muhajir, & Saputra, H. J. (2019). Keefektifan Model Make A Match Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Tema 5 Kelas V SDN Jatingaleh 01 Semarang. Elementary School, 6(2), 139–144.
Muhammad, M. (2017). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 87. https://doi.org/10.22373/lj.v4i2.1881
Musyafa, M., Warsali, W., Milah, C. S., Aliyudin, A., Supianti, I. I., & Amam, A. (2020). Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematik Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(1), 69. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3263
Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939
Sabil, H. (2011). Penerapan pembelajaran Contextual Teaching & Learning (CTL) Pada Materi Ruang Dimensi Tiga menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (MPBM) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNJA. Edumatica, 01(01), 44–56.
Sari, R. I. P. (2014). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas IV di SDN 11 Petang Jakarta Timur. Pedagogik, II(1), 26–32.
Sidik, Z., & Sobandi, A. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 50. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11764
Sihono, T. (2004). Contextual Teaching and Learning (CTL). Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 1(1), 63–64.
Sulastri, S., Imran, I., & Firmansyah, A. (2014). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran IPS di. Jurnal Kreatif Online, 3(1).
Suprihatin, S. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Promosi : Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73–82. https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.89
Susiloningsih, W. (2016). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Pada MataKuliah Konsep IPS Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(1), 57. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.89
Tutut Rahmawati. (2009). Penerapan Model Pembelajaran Ctl Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Ipa. Urnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(April), 12–20.
Ulva, Nur Laila, K. S. W. (2015). Penenrapan E-Learning Dengan Media Schoology Untuk meningkatkan Motivasi dan hasil belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 1, 365–376.
Zulaiha, S. (2016). Pendekatan Contextual Teaching and Learning dan implementasinya dalam rencana pembelajaran. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, Vol 1(1). http://journal.staincurup.ac.id/index.php/belajea
Yusuf, S. (2009). Program Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Bandung: Rizqi Press.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es