PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERI MENGENAL BENTUK-BENTUK KEPUTUSAN BERSAMA PADA SISWA KELAS V SEMESTER II SD 1 REJOSARI TAHUN PELAJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i1.1211Keywords:
Motivation, Learning Achievement, Scramble Learning ModelAbstract
References
Aqib. 2016. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: YramaWidya
Arikunto . 2014 Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Asih,Retno. 2017. Skripsi Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pkn Melalui Model Pembelajaran Scramble Berbasis Powerpoint Pada Siswa Kelas V SDN Bendan Ngisor Kota Semarang. Semarang: Jurnal Unnes.
Astuti,Sri Endang. 2010. Interaksi dan motivasi Belajar. Jakarta: Balai Pustaka.
Asih,Retno. 2017. Skripsi Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pkn Melalui Model Pembelajaran Scramble Berbasis Powerpoint Pada Siswa Kelas V SDN Bendan Ngisor Kota Semarang. Semarang: Jurnal Unnes.
Astuti,Sri Endang. 2010. Interaksi dan motivasi Belajar. Jakarta: Balai Pustaka.
BSNP.2016. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.
Depdikbud. 2017. Panduan Kriteria Ketuntasan Belajar Kelompok. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Depdiknas.2017. Naskah Akademik Kajian Kebijakan Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta:Puskur Depdiknas
Damris, F., & Taufina, T. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model PBL di Kelas V Sekolah Dasar. E-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah …, 4, 1930–1938. http://103.216.87.80/students/index.php/pgsd/article/view/8166
Diani, R., Yuberti, Y., & Syafitri, S. (2016). Uji Effect Size Model Pembelajaran Scramble dengan Media Video Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X MAN 1 Pesisir Barat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(2), 265. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i2.126
Faiz Noormiyanto. (2018). PENGARUH INTENSITAS ANAK MENGAKSES GADGET DAN TINGKAT KONTROL ORANGTUA ANAK TERHADAP INTERAKSI SOSIAL ANAK SD KELAS TINGGI DI SD 1 PASURUHAN KIDUL KUDUS JAWA TENGAH. Elementary School, 10(1), 279–288. http://dx.doi.org/10.1053/j.gastro.2014.05.023%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.gie.2018.04.013%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/29451164%0Ahttp://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=PMC5838726%250Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.gie.2013.07.022
Iswara, P. D. (2016). PENGEMBANGAN MATERI AJAR DAN EVALUASI PADA KETERAMPILAN MENULIS DAN BERBICARA DI SEKOLAH DASAR. 387–394.
Noormiyanto, F. (2020). Efektifitas Penggunaan Perangkat Multimedia Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Berkesulitan Belajar. Elementary School, 7(2), 318–325.
Pratita, I. I. (2017). PENGEMBANGAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION ( CIRC ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN ( DOKKAI ) MAHASISWA JURUSAN BAHASA DAN SASTRA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Ina Ika Pratita Universitas Negeri Surabaya , inapr. Jurnal Asa, 4.
Putra, I. G. D., Widiana, I. W., & Wibawa, I. M. C. (2020). Peran Model Pembelajaran Scramble Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 409. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27437
Rananda, A. (2016). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS TEKS PROCEDURE MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TEXT SISWA. Education Journal : Journal Education Research and Development, 171–186.
Sadulloh, U. 2010. PEDAGOGIK (Ilmu Mendidik). Bandung: Alfabet.
Shoimin. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Winataputra, Udin S dkk. 2004. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es