PENGUATAN LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR INDONESIA DEN HAAG
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1115Keywords:
Penguatan Literasi Digital, Sekolah Indonesia Den Haag, mengembangkan kurikulumAbstract
Penelitian bertujuan menganalisis penerapan literasi digital dalam pembelajaran yang ada di Sekolah dasar Indonesia Den Haag (SIDH). Penelitian ini termasuk jenis Deskriptif Kualitatif, Dan Teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui wawancara serta dokumentasi. Pada hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya: penggunaan literasi digital pada pembelajaran sebagai bentuk akses informasi dalam memudahkan siswa untuk memenuhi kebutuhan dan rasa ingin tahu. Literasi digital kini lebih ditekankan pada pendidikan jarak jauh (PJJ) karena banyak siswa yang berdomisili jauh dari Sekolah Indonesia Den Haag (SIDH), terlebih pada era pandemi Covid-19 ini. Adapun tantangan yang dihadapi dalam mengembangkan kurikulum yaitu terkendala dengan aturan pendidikan Den Haag dan tetap menanamkan nilai-nilai nasionalisme serta menanamkan bagian diplomasi budaya Indonesia. Peneliti melihat sebaiknya pembelajaran dengan literasi digital di sekolah Deen Haag tidak hanya untuk siswa saja, tetapi orang tua juga harus dituntun untuk mengetahui digital, agar tidak kesulitan membantu anak belajar.
References
Ahmadi, Farid dan Hamidulloh, 2018 Media Literasi Sekolah, (Semarang: CV. Pilar Nusantara). Diunduh 25 November 2020 dari
Ahmadi, Farid. 2017. Guru SD di Era Digital (Pendekatan, Media, Inovasi). Semarang: CV. Pilar Nusantara. Diunduh 25 November 2020 dari
Ahsani, Eva Luthfi Fakhru, 2020 2020Strategi Orang Tua dan Mendidik Anak dalam Pembelajaran At The Home Masa Pandemi Covid-19. JurnalAl_Athfal, Volume 3 No. 1, Juni. Diunduh 4 November 2020 dari
https://ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/Al_Athfal/article/view/180/105
Ahsani, Eva Luthfi Fakhru dan Siti Eni Mulyani, 2020. The Implementation of Distance Learning Based E-Learning for Developing Student’s Life Skills. DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, Volume 3 No. diunduh 2 Desember 2020 dari
https://journal.uny.ac.id/index.php/didaktika/article/view/34805
Belmawa Ristek Dikti Dirjen, 2018. “Era Revolusi Industri 4.0: Perlu Persiapkan Literasi Data, Teknologi dan Sumber Daya Manusia,†Berita, (17 Januari),. Diunduh November 2020 dari
Fatmawati, Nur Ika 2019. “Literasi Digital, Mendidik Anak Di Era Digital Bagi Orang Tua Milenialâ€, Jurnal Politik dan Sosial Kemasyarakatan, Vol.11. Diunduh Desember 2020 dari
http://www.e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/MADANI/article/view/1602
Fitriah, Dhia dan Meggie Ullyah Mirianda, 2019. Kesiapan Guru Dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Berbasis Teknologi,†Universitas PGRI Palembangâ€.
Ginanjar Asep, Noviani Achmad Putri, Aisyah Nur Sayidatun Nisa, Fredy Hermanto, Adila Bunga Mewangi, 2019. “Implementasi Literasi Digital dalam Proses Pembelajaran IPS di SMP AL-Azhar 29 Semarangâ€, Jurnal UNNES Harmony, Volume 4 No.2. diunduh November 2020 dari
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/harmony/article/view/36136
Hamidulloh, Ibda. 2018 “Ibu, Agen Literasi Humanisme dalam Keluarga,†Suara Kita. Dunduh 25 Desember 2020 dari
Hamjah Harahap Mukti, dkk. 2017. Jurnal Pengembangan Program Literasi Sekolah untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Dasar Tingkat Sekolah Menengah Pertama Negeri Di Kota Medan, Jurnal Pembangunan Perkotaan, Vol. 5, No. Diunduh 7 Desember 2020 dari
http://ejpp.balitbang.pemkomedan.go.id/index.php/JPP/article/view/18
Iswan dan Herwina, 2018. “Penguatan Pendidikan Karakter Perspektif Islam dalam Era Millenial IR. 4.0,†dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi “Membangun Sinergitas dalam Penguatan Pendidikan Karakter pada Era IR 4.0,†Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia, 24 Maret 2018. Diunduh 7 Desember 2020 dari
https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SNP/article/view/2756
Lismina, 2017. Pengembangan Kurikulum. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia. Diunduh 7 Desember 2020 dari
http://e-jurnal.stitqi.ac.id/index.php/contemplate/article/view/9
Maksum Agus, 2020. Keefektifan Penerapan Kurikulum Terpadu Pada Pondok Pesantren. Cirebon : CV. Syntax Corporation Indonesia. Diunduh Desember 2020 dari
Rizka Aisyi Indi dkk, 2020. Gerakan Literasi sekolah: Pelaksanaan, Hambatan, dan Solusi (Studi Kasus di SD Ghufron Fiqih Surabaya), Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Volume XI, No. diunduh November 2020 dari
https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/454
Sarinah. 2015. Pengantar Kurikulum. Yogyakarta : Deepublish.
Setyaningsih Rila, Abdullah, Edy Prihantoro, Hustinawaty, 2019 “Model Penguatan Literasi Digital Melalui Pemanfaatan E-Learningâ€. Jurnal ASPIKOM Vol. 3 No.6 Diunduh November 2020 dari
http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/194
Sudin, Ali. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: UPI PRESS. Diunduh 11 Desember dari
https://www.academia.edu/download/53869167/discovery_2012.pdf
Sugiarti dan Eggy Fajar Andalas, 2020. Membangun Optimisme Meretas Kehidupan Baru Dalam Dunia Pendidikan, ( Malang: UMM Press,). Diunduh 11 Desember 2020 dari
http://eprints.umm.ac.id/69566/
Wihadanto, Ake, 2017 . “Entrepreneurial Leadership di Era Revolusi lndustri 4.0,†Teks Orasi Ilmiah, Upacara Wisuda Universitas Terbuka Periode I Tahun Akademik 2017/2018. Diunduh 15 Desember 2020 dari
http://www.academia.edu/download/58526760/1._JRTIE_H_Ibda.pdf
Wijayanti dan Dian Marta, 2017. Guru Zaman Now (Guruku, Sahabatku), Semarang : Formaci. Diunduh 9 Desember 2020 dari
Zaini Addasuqy Muhtarom, dan Muhammad Shobirin. Pengembangan Kurikulum. Kudus : Center For Education and Social Studies. Diunduh 5 November 2020.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es